KINERJA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DAN UPAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERILAKU MASYARAKAT PEDESAAN

Amin Kuncoro, Husnurrosyidah Husnurrosyidah

Abstract


Peran lembaga keuangan mikro di Indonesia seperti sekarang ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional, jika dilihat pada sektor yang menjadi tujuan utama adalah peran dan eksistensi lembaga keuangan mikro khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurai peran kinerja lembaga keuangan mikro syariah bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, karena lokasinya sangat jauh dari peradaban kota sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk jarak tempuh bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Yang kedua adalah perilaku masyarakat dalam upaya mensikapi adanya lembaga keuangan mikro syariah di lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen riset yang mana variabel independen merupakan variabel manipulasi, sehingga seringkali disebut sebagai variabel penjelas dari variabel dependen, sampelnya adalah warga atau masyarakat yang terlibat langsung dengan lembaga keuangan mikro syariah yang berasa di desa Tempur Kabupaten Jepara Jawa tengah Indonesia. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampelnya adalah 100 orang. Hasil dari penelitian ini adalah lembaga keuangan mikro syariah sangat menjunjung nilai-nilai yang terkandung dari ajaran Islam, yaitu menggunakan akad syariah untuk bertransaksi, selain itu karena jarak tempuh yang jauh dari pusat kota, maka sebagian masyarakat dan tenaga pemasaran lembaga keuangan mikro tersebut menjalin kerja sama yang baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga.


Full Text:

PDF

References


Durkheim, E.1951. Suicide, trans. John A. Spaulding and George Simson. Glecoe: The Free Press.

Ertambang dan Intyas. 2016. Panduan praktis riset eksperimen, Indeks. Jakarta.

Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt, (1984). Sociology, edisi kedelapan. Michigan:McGraw-Hill. Terjemahannya dalam bahasa Indonesia, Paul B. Horton danChester L. Hunt, 1993. Sosiologi. Terjemahan Aminuddin Ram dan Tita Sobari.Jakarta: Penerbit Erlangga, hal 102.

Lincoln, Y.S., and Guba, E.G. 1985. Naturalistic Inquiry. Berveley Hill: SAGE Publication.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Mar’at, 1981. Sikap manusia Perubahan Serta Pengukuran. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Wardoyo dan Hendro Prabowo, 2002 Kinerja Lembaga Keuangan Mikro bagi Upaya Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Wilayah Jabotabek. Universitas gunadarma. Jakarta.

Santana, 2013 Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 10 No. 1, Maret 2013

Sarwono S, 2004. Sosiologi Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jaap.v1i1.102

Refbacks



Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Prodi Akuntansi FEB UNITOMO