PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS DR. SOETOMO

  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 1247 , PDF downloads: 1069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pendapat bahwa tingkat pemahaman akuntansi sangat dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual bukan kecerdasan emosional.Hasil analisis pada 60 responden menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Hal tersebut terbukti dari tingkat koefisien regresi dengan bantuan software SPSS Ver. 20 yang secara simultan kelima variabel yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampulan sosial berada di bawah 0,050 yaitu 0,000. Sedangkan secara parsial, variabel kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, dan empati berada di bawah 0,050 sebesar 0,000, kecuali variabel keterampilan sosial yang berada di atas 0,050 sebesar 0,880. Serta determinasi sebesar 0,923.

References

Budhiyanto, Suryanti J. Dan Nugroho, Ika P., 2014, “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281
Goleman and Daniel, 2014, “Emotional Intelligence: Why Emotional Quotientbetter than Intelegence Quotient?”, The Accounting Review. 2014, Vol. 81 No. 5 pp.516-565.
Goleman and Daniel, 2015, “Working with Emotional Intelligence”. Journal of Accountancy, Vol. 295 No. 2, pp. 36-54.
Hanifah dan Syukriy Abdullah, 2011, “Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi”. Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi, Vol. 1, No.3, Hal. 63-68.

Ishak, Prenichawati, 2010, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Minat Belajar Terhadap Pamahaman Akuntansi”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 7, 2015 No. 2 hlmn: 73-92.
Mugi Harsono dan Wisnu Untoro, 2004, “Pengujian Kerangka Kerja Dimensi-Dimensi Kecerdasan Emosional Daniel Goleman (1995) dan Perbandingannya berdasarkan Karakteristik Demografis Responden, Perspektif, Vol.9, No.1, Juni 2014, Hal. 63-66.
Nurna Aziza dan Rissyo Melandy R. M. 2006, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi,, Keercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderisasi”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 8, 2016 No. 1 hlmn: 184-198.
Rush A. and Cathrine Wilbur, 2015, “Shaping Institutional Environments: The Process of Becoming Legitimate”. The Review of Higher Education”.Vol. 30, No. 3 pp. 301-318.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Trisnawati, Ika Indah dan suryaningsum, Sri, 2003, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”, Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya 16-17 Oktober 2003, Hal. 1073-1091.
Wright and Bedard, 2016, “Five Element of Emotional Intelengence on Accounting Comprehension”. Journal of Business Finance and Accounting 2016, Vol. 1, No.1 pp. 207-243.
Zimbelman, M.F., 2015, “The Effect of Experience and Confidence on Accounting Understanding”. Journal of Accounting Research, 2015Vol. 35, pp. 81-92.
Published
2019-01-03
Section
Articles