MODEL MITRA GOVERNMENT DAN PRIVATE PARTNERSHIP DALAM MENINGKATKAN SERVICE QUALITY PADA RUMAH SAKIT DI JAWA TIMUR

  • Universitas Yos Soedarso Surabaya
Abstract views: 665 , PDF downloads: 1172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran swasta dalam meningkatkan kualitas layanan rumah sakit. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk membangun model kemitraan swasta dan pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan rumah sakit. 

Keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan di Rumah sakit tergantung pada semua pihak,  termasuk dunia usaha, swasta dan masyarakat madani. Peran swasta dalam meningkatkan kualitas layanan  rumah sakit di Jawa Timur relative masih kurang, hal ini ditunjukkan oleh hasil wawancara dengan pimpinan rumah sakit yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa model kemitraan yang menguntungkan bagi pemerintah dan swasta adalah model kemitraan dengan KSO. Disamping itu hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu ada kebijakan pemerintah berkaitan dengan peningkatkan kualitas layanan rumah sakit melalui kemitraan pemerintah dan swasta.Salah satu kebijakan pemerintah berkaitan dengan peningkatan kualitas layanan rumah sakit adalah dengan merubah model pengelolaan rumah sakit menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan model pengelolaan BLU diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas layanan.
Published
2018-12-05
How to Cite
(2018). MODEL MITRA GOVERNMENT DAN PRIVATE PARTNERSHIP DALAM MENINGKATKAN SERVICE QUALITY PADA RUMAH SAKIT DI JAWA TIMUR. Develop, 2(2), 44-55. https://doi.org/10.25139/dev.v2i2.1344
Section
Articles