ANALISIS SEKTOR UNGGULAN (LQ),STRUKTUR EKONOMI (SHIFT SHARE), DAN PROYEKSI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PROVINSI PAPUA 2018

Pieter Noisirifan de FRETES

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengidentifikasi dan menganalisis PDRB Papua dengan PDB serta menentukan sektor-sektor unggulan (dasar); (2) Untuk menganalisis struktur ekonomi (National Share, Proporsional Shift dan Differential Shift);(3) Untuk memperkirakan PDRB Provinsi Papua berdasarkan proyeksi PDB.Alat analisis; (1). Location Quotient (LQ), (2). Analisis Shift-share dan (3) Proyeksi.Hasil Analisis:(A). LQ> 1, ada tujuh sektor unggulan (dasar) yaitu: Pertambangan dan Renggalian; Pengadaan Listrik dan Gas; Konstruksi; Transportasi dan Pergudagan; Layanan Perusahaan; Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, Jamsostek; Pelayanan Kesehatan dan Kegiatan Sosial.(B).* Bagian terbesar dari struktur ekonomi Provinsi Papua adalah Industri Pengolahan sebesar 2259,90, sedangkan yang terkecil adalah Air Minum, Penanganan Sampah, Limbah sebesar 3,2.* Proporsional Shift memiliki delapan sektor yang negatif.*Shift Differential memiliki enam sektor yang negatif.(C). Proyeksi Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Papua pada tahun 2018 adalah 167.351,61 miliar rupiah.


Kata kunci: Location Quotient, sektor primer, shift share

Full Text:

PDF

References


Firman, Achmad., (2007). Analisis dampak Investasi Sektor Peternakan Terhadap Perekonomian di Jawa Tengah.http://www.Pustaka.Unpad.ac.id. diakses tanggal 9 Juni 2017.

Mankiw, N.G., (2007), Makroekonomi, Harvard University, Edisi Keenam (terjemahan), Penerbit Erlangga, Jakarta.

Putra, M.F., (2011), Studi Kebijakan Publik dan Pemerintahan dalam Perspektif Kuantitatif, Universitas Brawijaya (UB) Press, Cetakan Pertama, April 2011, Malang.

Samuelson, Paul. A., (1955), Economics.New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Sukirno Sadono,( 2006), Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan. Edisi II. Jakarta: Kencana.

Tarigan, Robinson., (2005), Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi . Jakarta : PT.Bumi Aksara

_________., (2014), Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi, Edisi Revisi, Cetakan Ketujuh, Maret 2014, Diterbitkan oleh PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Todaro, Michael P., (1997), Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Edisi Ke Enam, Alih Bahasa : Drs. Haris Munandar, M. A., Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Wang, X. Dan Hofe, R., (2007),Research Methods in Urban and Regional Planning, Springer- Berlin Heidelberg dan Tsinghua University Press, Beijing.

Widodo, Tri., (2006). Perencanaan Pembangunan : Aplikasi Komputer . Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Data Dinamis Perekonomian Papua Maret 2017, Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Propinsi Papua. www.Badan Pusat Statistik.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v1i2.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Develop ISSN : 2580-1767, Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNITOMO,