Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Mortar Terhadap Kuat Tekan

  • Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 2343 , PDF downloads: 7311
Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Mortar Terhadap Kuat Tekan downloads: 0
Keywords: kuat tekan, resapan, variasi komposisi campuran.

Abstract

Di Indonesia khususnya penggunaan mortar sudah sangat populer. Dimana dalam membangun sebuah konstruksi beton, mortar selalu digunakan sebagai bagian dari sebuah konstruksi. Tetapi proses pembuatan campuran mortar terkadang masyarakat kurang benar dalam membuat campuran jika ditinjau dari segi ekonomis dan kualitasnya. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian pengaruh variasi komposisi campuran mortar terhadap kuat tekan, dengan dua sampel jenis semen. Mortar menggunakan mortar dari Semen Gresik dan dari Semen Holcim tanpa bahan tambahan lain. penelitian menunjukan bahwa semakin bertambahnya komposisi pasir  maka kuat tekan mortar semakin menurun. Dimana kuat tekan mortar pada umur 28 hari untuk variasi komposisi campuran dengan menggunakan Semen Gresik  1:4 sebesar 9,5 Mpa; 1:5 sebesar 11,68 Mpa; 1:6 sebesar 7,86 Mpa dan 1:7 sebesar 5,31.sedangkan nilai kuat tekan untuk mortar yang menggunakan Semen Holcim berturut sebesar 13,38 Mpa; 12,95 Mpa; 7,65 Mpa dan 3,19 Mpa. Hasil resapan air pada mortar dengan menambahkan jumlah pasir akan mengakibatkan semakin besar nilai penurunan kuat tekan masing –masing variasi mortar.Sehingga campuran plesteran dinding atau spesi untuk merekatkan keramik lantai dan dinding bangunan sederhana mortar yang direkomendasikan adalah komposisi campuran dengan perbandingan semen:pasir 1:5 untuk Semen Gresik dan 1:4 dan 1:5 untuk Semen Holcim.

References

Alex Kurniawadi; Ismediyanto; Tetty Novalina M., (2008)., “Kapur Tohor dan Abu Sawit sebagai Bahan Tambahan atau Subtitusi semen pada Mortar”. Riau.
Chu-Kia Wang dan Salmon,Charles G., (1994)., ”Disain Beton Bertulang”.Jilid 1.Edisi Keempat.Terjemahan Binsar Hariandja. Erlangga. Jakarta.
Emelda Sihotang. (2010)., “Pemanfaatan Abu Ampas . Tebu Dalam Pembuatan Mortar”. Laporan Tugas Akhir (TA). Medan.
Hendra Alexander Mukhlis., (2011)., “Kaji Tekan Beton (Compressive Strenght) Pada Beton Dengan Campuran Abu Serabut Kelapa (Ask)”. Jurusan Teknik Sipil Padang. Padang.
Hewes, L. I., (1949)., “American highway practice (volume II)”. John Willey & sons, Inc, New York.
Padang Cahaya., (2012)., “Pengertian kegunaan,sifat dan jenis komposisi mortar atau adukan”. Ide Bangunan. Jakarta.
Rae Hanif Abdilah., (2009)., “Penggunaan Berbagai Jenis Laktes Sebagai Bahan Tambahan Pada Mortar Untuk Aplikasi Beton Jalan Raya”. Laporan tugas akhir. Bogor
Tjokrodimuljo,k., (1996)., “Teknologi Beton”. Nafigiri. Yogyakarta.
Published
2018-03-28
How to Cite
, & . (2018). Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Mortar Terhadap Kuat Tekan. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.25139/jprs.v1i1.801
Section
Articles