Makna Keluarga pada Kelompok Mafia: Analisis Semiotika Dalam Film The Godfather-I

Leonard Rio DB Rumthe, Zulaikha Zulaikha

Abstract


Keluarga adalah sebuah kelompok kecil masyrakat dimana seorang manusia mulai belajar bersosialisasi dengan manusia lainnya, dalam keluarga terdapat tingkatan mulai dari kakek nenek, ayah ibu, sampai dengan cucu. Semua manusia di dunia ini memerlukan keluarga dan pasti memiliki keluarga semenjak dia lahir, tak terkecuali mafia Italia. Mafia italia merupakan sebuah organisasi yang berasaskan kekeluargaan dan kepala keluarga dalam mafia juga sama dengan ketua organisasi. Italia mempunyai bermacam budaya yang sangat bagus terutama tentang keluarga, dalam budaya Italia keluarga merupakan sebuah hal yang yang harus diutamakan daripada hal yang lain. Berbicara mengenai mafia tentu banyak film yang membuat cerita berdasarkan kisah mafia, salah satunya adalah film The Godfather karya Francis Ford Coppola yang diangkat dari novel kara Mario Puzo. Pada dekade 70an film ini termasuk film yang memuncaki box office  di dunia hingga dikalahakan oleh The Shawsank Redemption. Kita bisa menlihat bagaimana mafia memperlakukan keluarga dan bagaimana sistem keluarga dalam mafia yang selama ini menjadi pertanyaan banyak orang, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengetahui makna keluarga dalam mafia italia melalui Artikel ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika menurut John Fiske, peneliti akan menganalisa scene per scene  dalam film The Godfather untuk mengetahui bagaimana makna keluarga dalam mafia Italia.

Kata Kunci: Makna. Keluarga. Mafia. Semiotika. The Godfather I.


References


Dickie, John. 2004. Cosa Nostra: A History Of The Sicillian Mafia. New York: Palgrave Macmillian™.

Bertens, Kees. 2014. Sejarah Filsafat Kontemporer : Jilid II, Prancis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Fiske, John. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Irwanto, Budi. 1999. Film,Ideologi, dan Militer. Yogyakarta : Media Pressindo..

Kaplan, D. dan A. Dubro. 2012. Yakuza : Japan’s Criminal Underworld. California : University Of California Press.

Nugroho, Sarwo. 2014. Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta : CV Andi Offset

Puzzo, Mario. 1969. The Godfather. New York.

Raab, Selwyn. 2013. Lima Keluarga Besar Mafia. Jakarta : Kaki Langit Kencana Prenada Media Group.

Rusmana, Dadan. 2014. Filsafat Semiotika: Paradigma, Teori, Dan Intepretasi Tanda Dari Semiotika Struktural Hingga Dekontruksi Praktis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Susilo, Daniel. 2016. Perempuan dan Korupsi: Wacana Media Dalam Berita Tindak Pidana Korupsi Perempuan (Women and Corruption: Media Discourse on News Reporting about Women's Corruptor). Yayasan Jurnal Perempuan, 23-24 September 2016.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sumarno, Marselli. 1966. Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yuwono, Ismantoro. 2010. Al Capone : Mafia Legendaris Yang “Nyaris” Tak Tersentuh Hukum. Yogyakarta : Narasi (Anggota IKAPI).

Sumber Online

http://teknikkepemimpinan.blogspot.co.id/2010/11/10-kode-etik-mafia-Italia-bisa.html

http://www.kompasiana.com/abramssds/mafia-Sisillia-modernisasi-gangsterisme

http://archive.itoday.co.id/metafisika/mengenal-budaya-adat-dan-tradisi-dari-negara-Italia.

http://www.biografiku.com/2011/11/biografi-lucky-luciano-sang-mafia.html

http://www.imdb.com/title/tt0068646/synopsis

http://teknikkepemimpinan.blogspot.co.id/2010/11/10-kode-etik-mafia-Italia-bisa.html




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jkm.v1i1.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Leonard Rio DB Rumthe, Zulaikha Zulaikha



INDEXED BY: