Pengindraan Jarak Jauh Sebagai Deteksi Awal Bahaya Saat Berkendara Menggunakan Sistem Operasi Android

  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Abstract views: 589 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 807

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas menurut data ditlantas polda jaya pada Desember tahun 2015 menunjukkan angka 24,352 kejadian (korlantas polri, 2016), dimana 10% di akibatkan oleh kerusakan infrastruktur jalan. pertambahan kendaran bermotor di Indonesia pada setiap tahunnya makin bertambah  rata-rata berkisar 10,3% dari total jumlah kendaraan 94 juta unit tahun 2013[4]. Angka tersebut termasuk kategori tinggi, pentingnya perangkat keselamatan tambahan dan peringatan dini penyebab kecelakaan yang berfungsi dapat mengurangi dan menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh kerusakan infrastruktur jalan mutlak dibutuhkan untuk menekan terjadinya kecelakaan dengan berbasis pada pengolahan citra digital dan peningkatan pengguna handheld berbasis android, untuk mengembangkan sistem pengindraan jarak jauh digunakan secara portabel menggunakan metode algoritma edge detection untuk melakukan pengindraan jarak jauh dan peringatan dini tentang kondisi jalan rusak yang akan dilalui pengendara terutama lubang di jalan, menggunakan kamera digital yang terdapat pada handheld android, akan memberikan informasi berupa peringatan dini pada monitor handheld berbasis sistem operasi android, terhadap kondisi jalan didepan pada pengendara kendaraan bermotor yang memiliki akurasi deteksi diatas 80% dengan waktu deteksi 1 menit

Author Biographies

, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Program Studi Teknik Informatika
, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Program Studi Teknik Informatika

References

[1] Ardianto, Eka. dkk, Rancang Bangun Aplikasi Pengolah Gambar Digital untuk Segmentasi Otomatis Lokasi Objek Angka pada Meter Listrik, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank, Semarang, 2011.
[2] Bray, M., “Application Programming Interface”, The Software Engineering Institute, 1997.
[3] Trisnadik, Nanang. dkk, Pendeteksian Posisi Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Metode Morfologi Matematika, Jurusan Teknik Elektro Universitas Dipenogoro, Semarang, 2012.
[4] Badan Pusat Statistik, "Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2013" sumber https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1413, diakses 20 Juli 2017.
[5] Gonzalez, C. R. dan Woods, E. R., “Digital Image Processing Second Edition”, Prentice Hall, New Jersey, Ch. 1, 2002.
Published
2017-01-19
How to Cite
, & . (2017). Pengindraan Jarak Jauh Sebagai Deteksi Awal Bahaya Saat Berkendara Menggunakan Sistem Operasi Android. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.25139/inform.v2i1.399
Section
Articles