Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android

Dwi Ratnasari, Dindari Bela Qur’ani, Apriani Apriani

Abstract


Pesatnya teknologi saat ini memudahkan masyarakat mendapat berbagai macam informasi, salah satunya sistem informasi pencarian tempat kos. Rumah kos merupakan salah satu tempat penyedia jasa penginapan atau tempat tinggal sementara. Seringkali ketersediaan jumlah kos tidak sebanding dengan pencari kos, maka pencari kos harus mencari informasi lebih cepat agar mendapat tempat tinggal sesuai yang diinginkan. Pemilik kos dalam mempromosikan rumah kosannya juga masih secara konvensional yaitu dari mulut ke mulut, menyebar brosur., atau menempel pengumuman di tempat-tempat umum. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan sistem informasi pencarian tempat kos berbasis android, sebuah sistem yang dapat menjadi tempat bagi para pendatang dari luar kota Mataram yang merasa kebinggungan dalam mencari rumah kos yang sesuai, serta membantu pemilik kos dalam mempromosikan rumah kosnya secara online lewat smartphone berbasis android. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan metodologi waterfall, yaitu sebuah metode pengembangan sistem yang diawali dengan tahap analisis, kemudian dilakukan perancangan sistem dan implementasi pembuatan aplikasi serta mengujinya kepada pengguna. Sistem ini  dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java serta memanfaatkan Google Maps dan GPS. Untuk software programmingnya menggunakan Android Studio dengan database MySQL pada XAMPP. Dari hasil kuesioner yang telah dilakukan menggunakan metode analisis skala likert dapat disimpulkan bahwa dari 30 orang pencari kos diperoleh nilai rata-rata yaitu 3,3 yang berada pada range SANGAT PUAS dan dari 10 orang pemilik kos menyatakan hasil rata-rata kepuasan adalah 3,05 yang dikategorikan PUAS atau  sangat layak dari segi manfaat dan kemudahan penggunaannya di Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android.

Keywords


Sistem Informasi, Pencarian, Kos, Java, MySQL, Android

References


Nuryasin. (2016). “Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Berbasis Online Studi Kasus FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”. Jurnal Ilmiah ISSN: 1979-0767.

Safaat, Nazruddin H. (2015). “Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform”. Informatika Bandung: Bandung.

Adibhadiansyah, Mohamad., Rochmawati, Raim. (2016). “Pengembangan Siste Informasi Kos Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah: Volume 5 Nomor 2, 68-73.

Darma, I, Gusti, Ngurah, P., Purnomo, Sigit, WP., Anindito, Kusworo. (2012). “Perangcangan Aplikasi Mobile City Directory Yogyakarta Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah ISSN: 2089-9815.

Jamil, Muhammad,. Bunyamin. (2015). “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Laporan Keuangan Walisantri di Pondok Pesantren Al-Halim Garut”. Jurnal Ilmiah ISSN: 2302-7339.

Rosadi, Dadi., Andriawan, Feby, Oktarista. (2016). “Aplikasi Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Di Kota Bandung Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah ISSN: 2442-4943.

Indrajani. (2014). “Database System Case Study All In One”. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Paillin, Daniel, Bunga. (2012). “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Ribo Jaya Ambon”. Jurnal Ilmiah ISSN: 1978-1105.

Rahmad, Mhd, Bustanur,. Setiady, Tedy. (2014). “Perancangan Sistem Informasi Inventory Spare Part Elektronik Berbasis Web PHP”. Jurnal Ilmiah ISSN: 2338-5197.

Nugroho, Adi. (2011). “Perancangan dan Implementasi System Basis Data”. Andi Offset: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ojsinf.v3i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dwi Ratnasari, Dindari Bela Qur’ani, Apriani Apriani

____________________________________________________________
INFORM: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN 2502-3470 (Print) | 2581-0367 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Inform Stats