PERBEDAAN PENDAPATAN SOPIR ANGKUTAN UMUM SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA JEMBATAN SURAMADU DI PELABUHAN KAMAL TRAYEK D3 (KAMAL-BANGKALAN)

Octaviana Arisinta

Abstract


Penelitian ini lakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pendapataan sopir angkutan umum sebelum dan sesudah adanya jembatan suramadu di Pelabuhan Kamal Trayek D3 (Bangkalan-Kamal). Rumusan masalah merupakan pusat perhatian dalam sebuah penelitian. Untuk itu, sesuai dengan latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian ini berusaha menjawab persoalan tentang adakah perbedaan pendapatan sopir angkutan umum sebelum dan sesudah adanya Jembatan Suramadu di Pelabuhan Kamal. Hipotesis yang diajuakan dalam penelitian ini adalah bahwa adaperbedaan pendapataan sopir angkutan umum sebelum dan sesudah adanya Jembatan Suramadu di Pelabuhan Kamal Trayek D3 (Kamal-Bangkalan).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan tehnik pengumpulan datanya menggunakan angket terbuka (wawancara). Dari populasi 100 dan sampel yang diambil 23 data diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan komparatif (perbandingan). Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 12,47>2,073maka Ha diterima pada tingkat signifikansi (α) 5 %. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa adanya Jembatan Suramadu sangat mempengaruhi pendapatan sopir angkutan umum di pelabuhan kamal, tampak jelas perbedaan pendapatan sopir angkutan umum yang sebelumnya dapat mencukupi kebutuhan mereka sehari-sehari.

 

Kata kunci: Pendapatan Sopir, Jembatan Suramadu, Pelabuhan Kamal


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v0i0.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekspektra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

OFFICE :

Program Studi Manajemen dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Semolowaru No. 84
Surabaya, Jawa Timur
Phone. (031) 5926116/Fax (031) 59338935
E-mail: ojs.mj@unitomo.ac.id

Situs Jurnal : http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/manajemen/index

 

Indexed By : 

     

Creative Commons License
Jurnal Bisnis dan Manajemen – Ekspektra, Program Studi Manajemen Universitas Dr Soetomo Surabaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :