Dampak Tidak Patuh Terhadap Pelaksanaan SOP Alur Rawat Jalan di Rumah Sakit "X" Malang

Hendrik Stiyawan, Mansur Mansur, Viva Maiga Mahliafa Noor

Abstract


Upaya mewujudkan mutu pelayanan rawat jalan, manajemen RS “X” Malang memiliki standar operasional prosedur (SOP). Namun, SOP alur pelayanan rawat jalan tidak dilaksanakan di polklinik spesialis maupun umum. Dampaknya terdapat terdapat 83 pasien tidak membayar biaya tindakan dan pemeriksaan tambahan selama 4 bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akar masalah tidak dijalankan SOP alur pelayanan rawat jalan dan mencari solusinya. Jenis penelitian adalah deskriptif pendekatan kualitatifdilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas tidak sepakat dengan SOP alur pelayanan rawat jalan, dokumen tidak lengkap, petugas lupa urut-urutan SOP, diagram alur pelayanan tidak ada, jarak poli dengan kasir jauh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah belum ada kesepakatan antara petugas dan manajemen menjadi alasan utama tidak dijalankan SOP alur pelayanan rawat jalan. Petugas menghendaki adanya perubahan SOP alur pelayanan rawat jalan sesuai dengan kondisi lingkungan rumah sakit saat ini. Saran yang dapat dterapkan adalah penambahan petugas pengantar pasien ke kasir.

Impact of Implementation Not Comply SOP Flow Outpatient Hospital "X" Malang

Abstract

Outpatient installation in UMM hospital is main installation because it tends to increase the number of visits every year. Efforts to realize the quality of outpatient services, hospital management UMM had standard operating procedures (SOPs). Based on observations and interviews, SOPs outpatient services flow not carried out in a specialist or general polyclinic. As a result of not being implemented SOPs outpatient services flow have impacted their patients do not pay the costs of medical treatment and additional examinations. The financial statements of RS UMM for 4 months there were 83 patients did not pay the costs of medical treatment  and additional examination. The purpose of this study is to investigate the implementation of SOPs outpatient services flow in UMM hospital. This research was conducted with a qualitative descriptive approach. Search root of the problem by means of observation, interviews, and a Focus Group Discussion (FGD). The results showed that outpatient SOPs services are not implemented, there are no file / document SOPs outpatient services flow in the relevant units, some officers in polyclinic do not know SOPs outpatient services flow, and SOPs has never been evaluated. The conclusion of the research is need to be evaluated SOPs outpatient service flow in accordance with the condition of hospital environment at this time.


Keywords


Pelayanan rawat jalan; SOP; evaluasi; Outpatient services; SOP; evaluation.

Full Text:

PDF

References


Anonim 2004, 'Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun : Praktek Kedokteran', ed. SN RI, Jakarta.

Anonim 2012, 'Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan', ed. KPANDRBR Indonesia, Jakarta.

Anwar, A 2010, Pengantar Administrasi Kesehatan, Binarupa Aksara, Jakarta.

Baron 2009, 'Evaluating The Patient Journey Approach to Ensure Health Care is Centred on Patients', Nursing Times, vol. 105, pp. 20-23.

D’Andreamatteo, A, Ianni, L, Lega, F & Sargiacomo, M 2015, 'Lean in healthcare: a comprehensive review', Health Policy, vol. 119, no. 9, pp. 1197-1209.

Dirjen_Yanmed 1997, Alur Pasien Rawat Jalan, Depkes RI, Jakarta.

Dirjen_Yanmed 1999, Standard Pelayanan Rumah Sakit, Depkes RI, Jakarta.

Dwiyani, W 2012, Alur Proses Pelayanan Unit Rawat Jalan dengan Mengaplikasikan Lean Hospital dI RS Marinir Cilandak Tahun 2012, Tesis Thesis, Universitas Indonesia.

Erna, S 2017, Pengembangan Alternatif Standard Operating Procedure (Sop) Serta Studi Hubungannya Dengan Mutu Pelayanan Rawat Jalan Di Klinik Pratama Dian Nuswantoro, Dian Nuswantoro.

Fatimah, EN 2015, Strategi Pintar Menyusun SOP, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Graban, M 2016, Lean hospitals: improving quality, patient safety, and employee engagement, CRC press, New York.

Handoko, LM 2013, 'Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pada Operasional Toko Di Supermarket Ufo (United Fashion Outlet) Surabaya', Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, vol. 1, no. 2.

Herjunianto & Dewanto, A 2014, 'Pengaruh Waktu Tunggu terhadap Wait Satisfaction Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSAL dr. Ramelan', Jurnal Aplikasi Manajemen-Journal of Applied Management, vol. 12, no. 2, pp. 248-257.

Hidayat, s 2010, Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif, Suska Pres, Pekanbaru.

Islamiyah, Z 2014, Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (Sop-Ap) Di Lembaga Pemerintah: Studi Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, UIN Sunan Ampel Surabaya.

KARS 2012, Panduan Penyusunan Dokumen Akreditasi, KARS, Jakarta.

Laeliyah, N & Subekti, H, 'Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu', Jurnal Kesehatan Vokasional, vol. 1, no. 2.

Lailatul, M 2009, 'Kepatuhan Petugas dalam Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional', Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan, vol. 9, pp. 77-81.

Majid, FAN 2016, 'Analisis Gambaran Peta Perjalanan Pasien di Pelayanan Rawat Jalan RS Kanker “Dharmais” Tahun 2014', Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, vol. 1, no. 1.

Maria, U & Tantri, S 2016, 'Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Standar Prosedur Operasional Pemasangan Kateter', Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, vol. 1, no. 5, pp. 49-55.

Nazvia Loekqijana, AK, Janik 2014, 'Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan SOP Asuhan Keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran Kota Kediri', Jurnal Kedokteran Brawijaya, vol. 28, no. 1, pp. 21-25.

Rahman, AS 2003, “Manual Prosedur Operasional Standar", Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok.

RS"X" 2015, Laporan Tahunan Rumah Sakit Universitas "X" Malang, RS X Malang, Malang.

Salmah, S 2016, 'Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Madis pada Pembuatan Standar Prosedur Operasional Pelayanan Medis dI RSIA ‘AISYIYAH Klaten', Jurnal Medicoeticoilegal dan Manajemen Rumah Sakit, vol. 5, no. 1.

Sari, RY, Suprapti, E & Solechan, A 2014, 'Pengaruh Sosialisasi SOP APD dengan Perilaku Perawat dalam Penggunaan APD (Handscoon, masker, gown) di RSUD Dr. H. Soewondo', Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan STIK Telogorejo

Setyaningsih, I 2013, 'Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean Servperf (Lean Service dan Service Performance)(Studi Kasus Rumah Sakit X)', Spektrum Industri, vol. 11, no. 2.

Siti, J 2009, 'Sistem Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit Indonesia', 22-9-2016.

Trimurthy, I 2008, Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Weiss, EN, Jackson, S, English, A & Stevenson, D 2017, 'Lean Tools for Service Business Model Innovation in Healthcare', dalam Service Business Model Innovation in Healthcare and Hospital Management, Springer, pp. 233-247.

Widhori 2014, Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Perawat dalam Pelaksanaan Protap Pemasangan Infus di Ruang Inap RSUD Padang Panjang.

Widyarini, A 2012, 'Analisis Determinan Pengamanan Fisik Dalam Mengurangi Resiko Pencurian Di Toko Waralaba', Jurnal Kriminologi Indonesia, vol. 7, no. 3.

Womack, JP, Byrne, AP, Fiume, OJ, Kaplan, GS & Toussaint, J 2005, 'Going lean in health care', Cambridge, MA: Institute for Healthcare Improvement.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v2i1.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

Creative Commons License
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :