Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik

  • Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Abstract views: 4236 , PDF downloads: 7458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya hidup sehat, kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian sayuran organik pada konsumen pasar ritel modern di Jakarta Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 80 responden. Berdasarkan pengujian statistic menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) diperoleh hasil yang menyatakan bahwa gaya hidup sehat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan keputusan pembelian secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas dan harga produk. Bagi peritel yang memasarkan sayuran organik penting untuk menekankan pada kualitas produk dan menjaga harga sesuai dengan pasaran melalui rantai pasokan yang lebih efisien.

 

Quality and Prices as The Most Important Variable on Organic Vegetables Purchasing Decision


Abstract

This research aims to examine and analyze the effect of a healthy life style, quality and price of products on purchase decisions organic vegetables on the consumer retail market modern in North Jakarta. Data was collected by distributing questionnaires to 80 respondents. Based on statistical testing using analysis of Structural Equation Model (SEM) result which states that a healthy lifestyle does not significantly influence the purchasing decision while purchasing decisions significantly affected by the quality and price of products. For retailers who sell organic vegetables important to emphasize the quality of products and keep prices according to the market through the supply chain more efficient.

References

Abdillah, Willy dan Jogiyanto.2015.Partial Least Square-Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Dani

Ferdindan, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J.F. 2006.Multivariate Data Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi , Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bdanung: Alfabeta
Tjiptono, Fdany. 2001. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Dani

Anwar, Iful, dan Budhi Satrio. 2015. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 4(12): 1–15.

Habibah, Ummu, dan Sumiati. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura.” Jurnal Ekonomi & Bisnis 1(1): 31–48.

Junaedi, Sellyana. 2006. “Pengembangan Model Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan Di Indonesia: Studi Perbdaningan Kota Metropolitan Dan Non Metropolitan.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 21(4).

Kaharu, Debora, dan Anindhyta Budiarti. 2016. “Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(3): 1–24.
Luthfianto, Dawud, dan Heru Suprihhadi. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Café Jalan Korea.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(2): 1–18.

Magistris, Tiziana De., dan Azucena Gracia. 2008. "The Decision to Buy Organic Food Products in Southern Italy". British Food Journal Vol. 110, No. 9
Muzayanah, Fety Nurlia, Arif Imam Suroso, dan Mukhamad Najib. 2015. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Resistensi Pembelian Pangan Organik Dan Proses Pendidikan Konsumen.” Jurnal Manajemen & Agribisnis 12(3): 163–73.

Pangestu, Suci Dwi, dan Sri Suryoko. 2016. “Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis Volume 5(1): 63–70.

Putra, Giardo Permadi, Zainul Arifin, dan Sunarti. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Administrasi Bisnis 48(1): 124–31.

Tunis, Anugrah Janwar, dan Sopia Martina. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di The Secret Factory Outlet.” Pariwisata III(1): 60–72.

Wangean, Ryanto Haridany, dan Silvya L. Mdaney. 2014. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 2(3): 1715–25.

Widyastuti, Pristiana. 2017. “Enhancing Competitiveness Business Strategy Of Organic Vegetables Using Analytical Hierarchy Process ( AHP )” DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 12(2): 256–68.

Zulaicha, Santri, dan Rusda Irawati. 2016. “Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam.” Jurnal Inovasi dan Bisnis 4(2): 125–36.

http://aoi.ngo/web/
http://www.fibl.org/en/themes/organic-farming-statistics.html
http://www.neraca.co.id/
http://www.litbang.pertanian.go.id/spp/sblp-2011
https://finance.detik.com/
Published
2018-03-14
Section
Articles