Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya)

Wahyu Abdillah, Andry Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (7p) meliputi : product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence dan Process, baik secara simultan dan parsial serta variabel yang dominan terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur. Jenis penelitian ini adalah kausal. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya berjumlah 184 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode convenience sampling dengan rumus Slovin maka diperoleh sampel 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data dalam uji secara simultan menunjukan bahwa bauran pemasaran (7P) berpengaruh terhadap pengambilan keputusan siswa memilih berbasis entrepreneur, sedangkan hasil uji secara parsial menunjukan bahwa hanya dua variabel yang berpengaruh yaitu bukti fisik dan proses, sedangkan 5 variabel yang lainnya dinyatakan tidak berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, selanjutnya variabel yang dominan adalah proses. Bagi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya perlu memperhatikan bauran pemasaran (7p) dalam pengambilan kebijakan untuk meningkatkan peserta didik baik secara kuantitas maupun kualitas.

 

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Pengambilan Keputusan, Sekolah Berbasis Entrepreneur


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats