Pengaruh Risiko Informasi Terhadap Biaya Modal Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Abstract views: 544 , PDF downloads: 2608
Pengaruh Risiko Informasi Terhadap Biaya Modal Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia downloads: 0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risiko informasi terhadap biaya ekuitas dan biaya hutang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 hingga 2015. Dengan menggunakan purposive sampling, didapatkan jumlah perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 perusahaan. Model analisis data yang digunakan adalah regresi data panel. Berdasarkan hasil regresi tersebut maka didapatkan hasil bahwa kualitas akrual tidak berpengaruh terhadap biaya ekuitas, sedangkan hasil kualitas akrual berpengaruh positif terhadap biaya hutang. Implikasi manajerial bagi perusahaan digunakan untuk mengambil keputusan dan pembuatan kebijakan oleh manajer dalam menyajikan laporan keuangan sebenarnya agar lebih akurat, karena dengan adanya risiko informasi yang bisa mempengaruhi laporan keuangan yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat biaya hutang perusahaan. Bagi investor menjadi dasar pertimbangan dalam mengukur biaya hutang perusahaan dengan melihat adanya tingkat risiko informasi.

 

Kata Kunci :    Kualitas Akrual, Biaya Ekuitas, Biaya Hutang, Leverage, Ukuran, Beta, Return on Asset, Interest Coverage Ratio, dan Net Income Extra Ordinary.
Published
2018-03-28
Section
Articles