Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar)

Abstract views: 3078 , PDF downloads: 7027

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 pengusaha tahu di sentra industri tahu Kota Banjar. Penentuan sampel menggunakan sensus dan analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.
 
Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja  Pemasaran

References

Akimova, Irina, 2010, Development of Market Orientation and Competitiveness of Ukrainian Firm, European Journal of Marketing.
Ellis, 2006, Market Orientation and Performance: A Meta-Analysis and Cross-National Comparisons
Frees, 2003, The Determinants of Entrepreneurial Activity, Implication for Marketing”. European Journal of Marketing
Hartini, 2010. Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya Jl. Airlangga, Surabaya 60286
Kartawan, 2010. Kewirausahaan Untuk Para Calon Entrepreneur. Guardaya Intimarta Bandung
Never dan Settler, 2007. The Effect of Market Orietation on Product Innovation”. Journal of Marketing
Suendro. Ginanjar, 2010. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada Industri Kecil Dan Menengah Batik Pekalongan) Jurnal Tesis
Uncles, 2008. Market Orientation. Australian Journal of Management. Vol.25,No.2.
Wahyono, 2008, Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, No.1, Mei
Published
2018-09-06
Section
Articles