Problematika Lingkungan Hidup dalam Syair Lagu Populer Indonesia (Studi Ekologi Sastra)

  • SMP Negeri 36 Surabaya
Abstract views: 730 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1901

Abstract

Kata kunci: lingkungan hidup, ekologi sastra, syair, lagu populer

Penelitian dengan judul Problematika Lingkungan Hidup dalam Syair Lagu Populer Indonesia (Studi Ekologi Sastra)  ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan hidup yang disebabkan oleh perilaku manusia dalam syair lagu populer Indonesia.

Dengan berpijak pada teori ekologi sastra, pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Data penelitiannya adalah kata, kelompok kata, serta kalimat yang terdapat dalam syair atau lirik lagu populer Indonesia yang terkait dengan lingkungan hidup. Data tersebut bersumber pada syair lagu  yang dilantunkan sekitar tahun 1980 hingga 2015 dan dinyanyikan oleh Iwan Fals, Gombloh, Naif, The Rollies, Slank, Riff, Ully Sigar Rusady, Rita Rubby Hatland, Kotak, Nugie, dan Ebiet G.Ade.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan klasifikasi; sedangan penganalisisan data dilakukan dengan teknik interpretasi, eksplanasi, dan deskripsi.

Hasil yang diperoleh dari serangkaian penelitian ini berupa temuan adanya problematika  kerusakan lingkungan hidup dalam syair alau lirik  lagu populer Indonesia yang disebabkan oleh perilaku manusia. Syair atau lirik terkait hal tersebut disampaikan melalui lima kategori, yaitu pernyataan, sindiran, kritikan, himbauan, dan renungan.

References

Arifin, Zainul. 2014. “Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu Pada Album Kamar Gelap Karya Efek Rumah Kaca: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA”. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Bahardur, Iswadi dan Suryo Ediyono. 2017. “Unsur-unsur Ekologi dalam Sastra Lisan Mantra Pengobatan Sakit Gigi Masyarakat Kelurahan Kuranji”. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo (diakses 5 Maret 2018)
Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra Konsep, Langkah, dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Fauzi, Ammar Akbar. 2014. Kritik Ekologi dalam Kumpulan Cerpen Kayu Naga Karya Korrie Layun Rampan Melalui Pendekatan Ekokritik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Febrian, Yogi.2014.”Representasi Ekologi Politik dalam Lirik Lagu “Anti Nuklir” Karya Band Slank”. http://elib.unikom.ac.id./gdl.php?mod=browse&op (diakses 6 juni 2018)
Handayani, Ani. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SDN Keputran A. Skripsi . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Iswari, Fajrina Melani. 2015. “Representasi Pesan Lingkungan dalam Lirik Lagu Surat Untuk Tuhan Karya Group Musik “Kapital” (Analisis Semiotika). Dipublikasikan oleh Ilmu Komunikasi, ISSN 000-000, (Jurnal online), ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. Halaman 254-268.
Kaswadi. 2015. “Paradigma Ekologi dalam Kajian Sastra”. Jurnal Paramasastra Vol. 2 No.2 Tahun 2015. http://e-journal.fbs.unesa.ac.id/index.php/ (diakses 28 Maret 2017).
Keraf, A. Sonny. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Lailia, Anita Nur. 2014. “Gerakan Masyarakat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi Tentang Upaya Menciptakan Kampung Hijau di Kelurahan Gundih Surabaya”). Jurnal Politik Muda Vol. 3 No.3, Agustus-Desenber 2014, hlm. 283-302. Journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpm923010full.pdf. (diakses 28 Maret 2018)
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudikan, Setya Yuwana. 2016. Ekologi Sastra. Lamongan: CV. Pustaka Ilalang Group.
Published
2018-08-15
How to Cite
(2018). Problematika Lingkungan Hidup dalam Syair Lagu Populer Indonesia (Studi Ekologi Sastra). Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 45-63. https://doi.org/10.25139/fn.v1i1.1022
Section
Articles