Kajian Dialektologi Bahasa Madura Dialek Bangkalan

  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 4860 , PDF downloads: 4136
Keywords: Dialek Bangkalan, Dialektologi, dan Bahasa Madura

Abstract

Adanya variasi bahasa yang terdapat di Kecamatan Arosbaya dan Geger serta daerah tersebut memungkinkan untuk pengambilan data dikarenakan daerah tersebut termasuk daerah pesisir dan pegunungan menjadikan faktor adanya suatu dialek. Rumusan masalah yang muncul ialah bagaimana pemakaian Bahasa Madura dialek Bangkalan di Kecamatan Arosbaya dan Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan? Dengan tujuan menganalisis pemakaian Bahasa Madura dialek Bangkalan di Kecamatan Arosbaya dan Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan data mentah berupa ujaran percakapan yang kemudian di transkripsikan ke bentuk tulisan yang berupa kalimat dan kata. Data tersebut diperoleh dari sumber penduduk asli daerah penelitian sesuai dengan criteria sumber data. informan dari penelitian ini peneliti itu sendiri yang di bantu oleh alat perekam suara berupa recorder/handphone. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak dengan teknik dasarnya teknik sadap dan teknik lanjutannya menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, teknik rekam, teknik transkripsi data, dan teknik translate data. Selanjutnya, peneliti menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan metode analisis data yakni metode padan. Metode ini memiliki teknik dasar sebagai teknik pilah unsur penentu (PUP), sedangkan teknik lanjutannya berupa teknik hubung banding membedakan (HBB). Peneliti juga menggunakan teknik keabsahan data berupa teknik pemeriksaan keabsahan data, yaitu 1) perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan; 2) triangulasi; 3) pengecekan sejawat, 4) kecukupan referensial; 5) kajian khusus negative; dan 6) pengecekan anggota.

Kata kunci: Dialek Bangkalan, Dialektologi, dan Bahasa Madura

References

Adisumarto, Mukidi. 1992. “Geografi Dialek Bahasa Banyumas” dalam: Kesenian, Bahasa dan Faktor Jawa. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Ayatrohaedi. 1983. Dialektologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
--------------. 2002. Pedoman Penelitian Dialektologi. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
BPS. 2016. Kabupaten Bangkalan dalam Angka 2016. Bangkalan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan.
-----. 20016. Kecamatan Arosbaya dalam Angka 2016. Bangkalan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan.
-----. 20016. Kecamatan Geger dalam Angka 2016. Bangkalan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan.
Chaer, Abdul dan Agustina, L. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta
Keraf, Gorys. 1984. Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia. The Problem). Paris: Mouton The Hague.
Kridalaksana, Harimurti. 1985. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Edisi II, Cet. I. Ende: Nusa Indah.
----------------. 2001. Principles of Linguistic Change. Malden: Blackwell.
Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
----------. 1995. Dialektologi diakronis: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Ghajah Mada University press
Marsono. 1986. Fonetik. Yogyakarta:Ghajah Mada University press.
Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguisti: Suatu Pengantar. Jakarta: Pusat Gramedia
Soegianto, Soekoto. 1986. “Struktur Bahasa Madura Dialek Kangean” Laporan Penelitian. Surabaya: Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Jawa Timur Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
Sofyan, Akhmad. "Tata Bunyi Bahasa Madura" Makalah disampaikan dalam Lokakarya Persiapan PenyusunanTataBahasaMadura di Malang,4-6 Juli 2007. 2007.
-----------------------. 2010. Fonologi Bahasa Madura. Jember: Jurnal Humaniora, Vol. 22, No. 1 Februari 2010: 207-2018.
Sudaryanto. 1990. Aneka Konsep Kedataan Lingual dalam Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana Universitas Press.
__________ 1992. Metode Linguistik, Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
__________ 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Rhineka Cipta
Published
2017-12-28
How to Cite
, , & . (2017). Kajian Dialektologi Bahasa Madura Dialek Bangkalan. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.759
Section
Articles