PENGARUH OSEANOGRAFI TERHADAP IKAN HASIL TANGKAPAN PADA BAGAN TANCAP DI PERAIRAN MUNCAR BANYUWANGI

Candra Saputra

Abstract


Perairan Indonesia merupakan perairan dengan potensi perikanan yang sangat besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parameter oseanografi terhadap ikan hasil tangkapan bagan tancap dan untuk mengetahui jumlah dan jenis hasil tangkapan ikan pada alat tangkap bagan tancap di perairan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode menggunakan sampel tidak acak dengan tekhnik purposive sampling dalam pengambilan sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa parameter oseanografi berpengaruh secara signifikan terhadap ikan hasil tangkapan bagan tancap dengan jumlah tangkapannya mencapai 4044 kg yang terdiri dari ikan lemuru, teri dan belanak.

 

Kata Kunci : Oseanografi, Ikan, Bagan Tancap.


References


Barus, T. A. 2004. Pengantar Limnologi Studi Tentang Ekosistem Air Daratan. Medan: USU Press.

Bakpas, Andi, Lutfi. 2011. Variabilitas Hasil Tangkapan Jaring Insang Tetap Hubungannya Dengan Kondisi Oseanografi Di Perairan Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Fausan. 2011. Pemetaan Daerah Potensial Penangkapan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) Berbasis Sistem Informasi Geografis di Perairan Teluk Tomini Provinsi Gorontalo. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Gunarso, W. 1985. Tingkah Laku Ikan Dalam Hubungannya Dengan Alat, Metode dan Taktik Penangkapan. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. FakultasPerikanan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Limbong, Mario. 2008. Pengaruh Dan Ukuran Hasil Tangkapan Ikan Cakalang Di Perairan Teluk Palabuhan Suhu permukaan Laut Terhadap Jumlah Ratu Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Institut Pertaian Bogor.

Nontji (1993), Laut Nusantara, Penerbit Djambatan, Jakarta.

Nelwan, A. 2004. Pengembangan Kawasan Perairan Menjadi Daerah Penangkapan Ikan. Diakses dari http://www.tumoutou.net/pps702 9145/alfa.nelwan pada tanggal 15 Mei 2011.

Sudirman dan Natsir. 2011. Perikanan Bagan dan Aspek Pengelolaannya. UMM Press:Malang.

Subani, W. dan Barus, H.R, 1989. Alat Pengkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia. Balai Penelitian Perikanan Laut, Jakarta.

Sudirman Dan Mallawa, A. 2004. Teknik Penagkapan Ikan. Rineka Cipta, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/tf.v2i2.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :