KAJIAN PERCEPATAN PENJADWALAN PEMBANGUNAN LANDING CRAFT UTILITY (LCU) DENGAN METODE SIMULASI MONTE CARLO

Maulidya Octaviani Bustamin

Abstract


Suatu pelaksanaan konstruksi proyek biasanya mengalami keterlambatan waktu pelaksanaan yang cukup lama sehingga harus pula mengeluarkan biaya lebih. Sesuai dengan perjanjian kerja sebuah pembangunan kapal akan banyak hal yang akan disepakati berkaitan dengan pembangunan kapal tersebut salah satunya proses pembangunan Hull Construction LCU.

Untuk tercapainya proses pembangunan pada waktu yang telah ditentukan dan mendapatkan kualitas produksi yang diharapkan, maka urutan dari proses pembangunan sebuah kapal harus ditentukan secara rasional dan disesuaikan dengan fasilitas produksi yang tersedia di galangan. Tujuan dari penyusunan Tesis ini adalah untuk membuat penjadwalan probabilistik yang sifatnya tidak tentu yang mengakibatkan proyek pembangunan melebihi estimasi waktu yang telah direncanakan. Penelitian mengenai penjadwalan probabilistic pada Tesis ini akan diaplikasikan pada proyek pembangunan kapal Landing Craft Utility (LCU).

Tahap yang akan dilakukan antara lain dengan cara mengumpulkan data penjadwalan proyek, menentukan hubungan antar aktivitas proyek, melakukan estimasi durasi aktivitas proyek serta melakukan simulasi dengan mengunakan Monte Carlo Simulation.

Dari hasil simulasi didapatkan pengerjaan pembangunan Landing Craft Utiliy pada bagian Hull Construction, yang semula selama 102 hari dipercepat menjadi 99 hari dengan tingkat keyakinannya sebesar 100%, 94 hari tingkat keyakinannya hingga sebesar 60%, dan untuk percepatan menjadi 90 hari tingkat keyakinannya hanya sebesar 3%. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan durasi optimal selama 94 hari dengan percepatan penjadwalan pembangunan kapal LCU selama 8 hari dengan penambahan biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan sebesar Rp 27.300.000,- atau sekitar 9,8% dari keseluruhan biaya.

 

Kata kunci: Landing Craft Utility, Monte Carlo Simulation, Hull Construction

Full Text:

PDF

References


Hanna, M., & Ruwanpura, J. Y.,2007. Simulation Tool for Manpower Forecast Loading and Resource Leveling. Paper presented at the Proceedings of the 2007 Winter Simulation Conference.

Harold, Kerzner. 1995. Project Management: A System Approach to Planning.

Kwak, Y. H., & Ingall, L. ,2007. Exploring Monte Carlo Simulation Applications For Project Management. Risk Management, 9, 44-57.

McCabe, B. ,2003. Monte Carlo Simulation For Schedule Risks. Paper presented at the Proceedings of the 2003 Winter Simulation Conference.

P. Siagian., 1987. Penelitian Operasional Teori dan Praktek., Penerbit Universitas Indonesia Jakarta.

Project Management Institute. 2004. A Guide to the Project Management Body of Knowledge: PMBOK Guide (3rd ed.). Newton Square, Pennsylvania: Project Management Institute.

Sujitno, Anjhar. 1996. Galangan kapal, Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jtsu.v1i1.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.