https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akira/issue/feed AKIRA: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Jepang 2024-04-25T08:44:44+07:00 Hendri Zuliastutik [email protected] Open Journal Systems <p>AKIRA: Journal of Japanese Language, Culture and Literature is an online-based journal published by the Faculty of Letters, Dr. University. Soetomo in May 2023. AKIRA Journal is a double-blind review journal that aims to publish student research articles dedicated to the fields of Japanese language, culture, and literature. This journal is published twice a year, in May and November. We invite authors from other universities to submit their articles. Articles must be submitted no later than February for the May issue, and August for the November issue.</p> <p><strong>ISSN: p-ISSN 2986-6664, e-ISSN 2987-8640</strong></p> <p><strong>Focus and Scope</strong></p> <p>Scientific research in the field of Japanese language which includes semantics, morphology, syntax, pragmatics, translation, and so on. In the field of literature includes the study of prose, poetry, drama, comparative literature and so on. In the field of culture which includes traditional culture and modern culture.</p> https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akira/article/view/Vol.1%20N0.%202%20%282024%29%3A%20AKIRA%20Volume%201%20Nomor%202%202024 PEMENDEKAN (RYAKUGO) PADA KOMIK LAST GAME VOL.1 – 3 KARYA SHINOBU AMANO 2024-04-04T09:32:39+07:00 Nurun Nafasa Zakiya Qolby [email protected] hendri zuliastutik [email protected] <p>Penelitian ini membahas mengenai pemendekan (<em>Ryakugo</em>) pada Komik <em>Last Game </em>Vol. 1-3 karya Shinobu Amano. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan jenis-jenis pemendekan <em>(ryakugo</em>) dan pembentukan pemendekan kata dari jenis <em>ryakugo </em>yang ditemukan dalam komik tersebut. Penelitian ini menggunakan teori pemendekan menurut Yoshifumi Hida. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu komik <em>Last Game </em>Vol. 1-3 Karya Shinobu Amano. Data pada penelitian ini diambil kata-kata yang mengandung pemendekan (<em>ryakugo)</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik menyimak dan mencatat. Teknik analis dengan cara data yang telah divalidasi dikumpulkan berdasarkan jenis-jenis <em>ryakugo. </em>Selanjutnya menganalisis data sesuai dengan rumusan masalah dan menjabarkan hasil analisis. Terakhir membuat kesimpulan. Terdapat 216 jenis kata yang mengalami pemendekan. Terdapat 5 jenis <em>ryakugo</em> pada komik ini yaitu penghapusan di bagian akhir (<em>geryaku</em>/下略) 109 data, penghapusan di bagian awal (<em>joryaku</em>/上略) 34 data, penghapusan di bagian tengah (<em>chuuryaku</em>/中略) 57 data, pemendekan dari kata gabungan 14 data dan pemendekan yang diambil dari huruf awal pada penulisan huruf alfabet 2 data.</p> <p>Kata kunci<em>:</em> komik; <em>Last Game</em>; <em>ryakugo.</em></p> 2024-01-29T14:43:00+07:00 Copyright (c) 2024 AKIRA: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Jepang https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akira/article/view/7365 PERUBAHAN KEPRIBADIAN TOKOH TSUKISHIMA SHIZUKU DALAM ANIME MIMI WO SUMASEBA KARYA AOI HIIRAGI 2024-04-04T09:36:51+07:00 Vicky Aditya [email protected] Rahadiyan Duwi Nugroho [email protected] <p>Setiap manusia pasti memiliki kisah dalam kehidupannya baik hal baik maupun buruk seperti kegembiraan maupun kesedihan. Momen yang dialami tersebut dapat mengubah kepribadian individu dari tiap manusia. Salah satu kisah perubahan kepribadian terdapat pada anime <em>Mimi wo Sumaseba </em>karya Aoi Hiiragi. Penelitian ini membahas perubahan kepribadian Tsukishima Shizuku sebagai tokoh utama yang mengalami perubahan kepribadian berlawanan dalam anime tersebut. Tujuan penelitian ini yakni, mengidentifikasi perubahan kepribadian tokoh utama Tsukishima Shizuku melalui faktor lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepribadian B.F. Skinner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menganalisis data secara deskriptif. Hasil penelitian ini yakni, perubahan kepribadian yang dialami Tsukishima Shizuku merupakan hasil bentukan dari lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan perubahan kepribadian tokoh utama Shizuku sebagai akibat perhatian atau kepedulian yang diterima dari lingkungan sekitarnya untuk dirinya, terlebih dari seseorang yang Shizuku cintai. Selain itu, motivasi dari Kakek Seiji juga menyebabkan kepribadian tokoh Shizuku berubah mengikuti kemauannya.</p> <p>Kata kunci<em>:</em> perubahan kepribadian; psikologi sastra; tokoh</p> 2024-03-28T10:11:15+07:00 Copyright (c) 2024 AKIRA: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Jepang https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akira/article/view/7364 LATAR BELAKANG PEMBERONTAKAN SHISHIO MAKOTO DALAM KOMIK RUROUNI KENSHIN KARYA NOBUHIRO WATSUKI DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI KONFLIK 2024-04-04T09:27:03+07:00 Sarah Savora [email protected] Listyaningsih [email protected] <p>Komik <em>Rurouni Kenshin</em> karya Nobuhiro Watsuki volume ke-7 menceritakan tentang kehidupan masyarakat Jepang di zaman Meiji, khususnya yang melatarbelakangi pemberontakan Shishio Makoto terhadap pemerintah Meiji. Permasalahan yang dibahas ialah: latar belakang terjadinya pemberontakan Shishio Makoto pada pemerintah Meiji. Teori yang digunakan adalah sosiologi konflik, aliran multidisipliner milik Galtung yang menekankan pada kebutuhan analisisnya, dengan bantuan analisis konflik pragmatis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dan sumber datanya adalah percakapan dan narasi yang terdapat pada komik <em>Rurouni Kenshin</em> karya Nobuhiro Watsuki volume ke-7. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik kepustakaan. Prosedur analisis data yang digunakan ialah metode deskriptif. Hasil pembahasan penelitian ini yakni, faktor yang melatarbelakangi terjadinya pemberontakan karena kontradiksi antara Tamu dan Kensin yang seharusnya membalas dendam ternyata malah sebaliknya lewat perbuatan saling mencintai bahkan sampai menikah, meski pada akhirnya Tamu terbunuh oleh musuh-musuh Kensin. Ketiga hubungan sebab-akibat tersebut menghasilkan suatu konflik berupa pemberontakan Shishio terhadap pemerintahan Meiji.</p> <p>Kata Kunci: komik <em>Rurouni Kenshin</em>; sosiologi konflik; zaman Meiji</p> 2024-03-28T10:16:18+07:00 Copyright (c) 2024 AKIRA: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Jepang https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akira/article/view/7360 EKSISTENSI TOKOH XANXUS DALAM NOVEL KATEKYO HITMAN REBORN! SECRET BULLET 2 X FIANMA KARYA HIDEAKI KOYASU DAN AKIRA AMANO 2024-04-25T08:44:44+07:00 Mohammad Riza Hidayatullah [email protected] Listyaningsih [email protected] <p>Karya sastra berupa novel mencerminkan sebuah kehidupan nyata serta membawakan pesan filosofis melalui para tokohnya. Seperti dalam novel Jepang yang berjudul “<em>Katekyo Hitman Reborn! Secret Bullet 2 X Fianma</em>,” karya Hideaki Koyasu dan Akira Amano. Novel ini menceritakan konflik dalam keluarga mafia di Italia bernama Vongola. Tokoh utamanya bernama Xanxus. Tokoh ini dikaji dengan ilmu filsafat eksistensialisme dari filsuf Jean Paul Sartre. Peneliti memuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah perwujudan kebebasan tokoh Xanxus dalam novel <em>KHR!</em> 2, ditinjau menurut konsep kebebasan eksistensialisme Jean Paul Sartre? (2) Bagaimana dampak dari kebebasan Xanxus dalam novel <em>KHR!</em> 2, ditinjau menurut konsep kebebasan eksistensialisme Jean Paul Sartre?. Landasan teori penelitian ini adalah eksistensialisme Jean Paul Sartre dan mafia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data berupa novel dan data berupa parafrasa maupun dialog dalam novel menggunakan metode analisis deskriptif. Dalam hasil analisis, peneliti menyimpulkan beberapa eksistensi kebebasan tokoh Xanxus antara lain, (1) eksistensi mendahului esensi, Xanxus membentuk esensinya sebagai seorang yang pantas menjadi <em>boss</em> mafia dinilai dari cara dia mengada(eksis), (2) eksistensi setiap orang saling mengobjekkan, dalam mengupayakan kebebasan, Xanxus selalu dihadapkan dengan orang lain sehingga menimbulkan konflik, (3) manusia dan faktisitas, Xanxus harus menghadapi fakta bahwa ia hanyalah seorang anak sah dari <em>boss</em> mafia kesembilan bukan anak kandung, sehingga ia harus mengupayakan jika ingin mendapatkan tahta <em>boss</em> kesepuluh. Dampak dari kebebasan Xanxus dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain. Dampak yang dirasakan dirinya sendiri adalah Xanxus dikenai hukuman. Dampak yang dirasakan orang lain adalah seluruh keluarga mafia menerima berbagai kerugian.</p> <p>Kata kunci: eksistensialisme; filsafat; mafia; novel&nbsp;</p> 2024-04-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 AKIRA: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Jepang