MASUKNYA PARADIGMA INTERPRETIF PADA KAJIAN ILMU AKUNTANSI

Abstract views: 1890 , PDF downloads: 6374

Abstract

Tulisan ini mencoba untuk membahas tentang keberadaan paradigma interpretif untuk mencari suatu kebenaran ilmu dan mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut. Paradigma interpretif bukan hanya digunakan pada penelitian ilmiah dalam bidang sosial kemasyarakatan, namun sangat membantu penelitian ilmiah di bidang akuntansi. Meskipun akuntansi erat kaitannya dengan berbagai ilmu yang pasti, namun akuntansi berhubungan pula dengan perilaku tidak pasti yang muncul dari individu, kelompok, masyarakat, bahkan organisasi yang menggunakannya. Permasalahan yang muncul disebabkan oleh individu tersebut, tentu tidak dapat diselesikan menggunakan kebijakan-kebijakan akuntansi yang ada. Diperlukan pendekatan dengan ilmu yang setara, maka diperlukan pemahaman pula terkait dengan sosiologi interpretif yang merupakan bagian dari paradigma interpretif sebagai salah satu solusi penyelesaian masalah di bidang akuntansi.

Author Biography

Brawijaya University

References

Alvesson, M., & Sköldberg, K., 2009. Reflexive methodology: New vistas for qualitative research.

Sage. Burrell, G., & Morgan, G., 1979. Sociological paradigms and organisational analysis (Vol. 248). London: Heinemann.

Chua, W. F., 1986. Radical developments in accounting thought. Accounting review, 61(4): 601-632.

Denzin, N. K., 2009. Interpretive Interactionism. Applied Social Research Methods Series Volume 16. Sage.

Djamhuri, A., 2012. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Berbagai Paradigma dalam Kajian Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 2(1).

Kuswarno, E., 2009. Fenomenologi: metode penelitian komunikasi: konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya. Widya Padjadjaran.

Ludigdo, U., 2014. Seputar Etika dalam Riset. Bahan ajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Putri, I. N., & Kamayanti, A., 2014. Etika Akuntan Indonesia Berbasis Budaya Jawa, Batak, Dan Bali: Pendekatan Antropologis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1).

Roslender, R., 2002. Sociological Perspectives on Modern Accountancy. Routledge.

Senik, R., 2009. Understanding Accounting Research Paradigms: Towards Alternative Methodologies. Research Bulletin of the Faculty of Economics and Management, University Putra Malausia, 4, 5-8.

Wiharto, M., 2005. Kebenaran Ilmu, Filsafat, dan Agama. Forum Ilmiah Indonesia, Vol. 2, No. 3.

Wirajaya, A., & Gde, I., 2012. Hermeneutika Dalam Interpretive Paradigm Sebagai Metodologi Penelitian Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 7(1).
Published
2017-06-20
Section
Articles