PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN OPINI AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY

Nur Sayidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas dan opini auditor terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015.Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling dan diperoleh sampel sebanyak 43 perusahaan. Data yang dipakai merupakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2015. Guna membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda diawali dengan regresi data panel.Pengujian secara simultan menyimpulkan bahwa tidak semua variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa hanya 1 dari 4 faktor yang berpengaruh terhadap audit delay, yaitu ukuran perusahaan. Profitabilitas, Solvabilitas dan Opini Auditor tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. 2004. “Auditing”. Edisi Ketiga, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Arens, Lobbecke. 2003. AuditingTerjemahan: Amir Abadi Jusuf Auditing Pendekatan

Terpadu. Jakarta, Salemba Empat.

Bapepam.“Kewajiban Penyampaian Laporan Berkala Oleh Perusahaan Efek”, Juli, Kep.06/BL/2006.

Bapepam.go.id. 2006. Peraturan BAPEPAM.

Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id).

Ghozali, Imam.2001.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, Varianada, 2000, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay”,JurnalBisnis dan Akuntansi, Vol. 2, No. 1, p. 63 –75.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Kartika, Andi. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit Delay di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (Vol. 16 No. 1 Maret 2009 Hal.1-17). Universitas Stikubank Semarang.

Kartika, Andi. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BeiFactors Affecting The Audit Delay on listed The Manufacturing Company in BEI. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (Vol. 3 No. 2 /November 2011 Hal.152-171). Universitas Stikubank Semarang.

Mulyadi. ”Auditing (Pengauditan)”. 2002. Buku I Edisi Ke Enam, PT. Salemba Empat.

Ratnawati, dan Toto Sugiharto.2005.Audit Delay Pada Industri Real Estate dan Property Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan Faktor Yang Mempengaruhinya.Proceeding seminar nasional PESAT.

Rosaria Hesti Indriyani P., 2011. Pengaruh leverage, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan Perusahaan Food And Beverages yang terdaftar di Bursa Efek. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Sabrina dan Lucyanda, Jurica (2013).”Pengujian Faktor – Faktor Yng memengaruhi Audit Delay. Jurnal Akuntansi dan Auditing (Vol. 9/No.2/Mei/2013 : 1-149).

Sugiyono.2007.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Ukago, Kristianus. 2005. ”Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan: Bukti Empiris di Bursa Efek Jakarta”,Jurnal Maksi 5 (1): 13-33.

Wirakusuma, Made Gede, 2004, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rentang Waktu penyajian Laporan Keuangan Ke Publik (Studi Empiris Mengenai Keberadaan Divisi Internal Audit Pada Perusahaan- Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)”, SNA VII.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jaap.v2i2.1397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.