ANALISIS KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH AUDIT INTERNAL PADA MAHASISWA AKUNTANSI KEUANGAN PUBLIK KELAS A DAN B

  • Politeknik Negeri Bengkalis
Abstract views: 274 , PDF downloads: 289

Abstract

Abstrak 

Audit internal adalah aktivitas independen, keyakinan objektif dan  konusultasi yang dirancang untuk memberi nilai tambah dan meningkatkan operasi organisasi .Audit tersebut membantu organisasi  mencapai tujuannya dengan menerapkan pendekatan yang sistematis  dan berdisiplin untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas  proses pengelolaan risiko, kecukupan kontrol, dan pengelolaan  organisasi. Penelitian ini mengenai tingkat kemampuan belajar mahasiswa pada mata kuliah audit internal antara kelas A dan B. Dalam penelitian ini yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah mampu menjadi seorang yang memahami mengenai  pemahaman Audit Internal dengan  baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar mahasiswa akuntansi keuangan publik semester 4 mengenai Audit Internal antara kelas A dan B. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran dan usaha mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah audit internal terhadap efektivitas belajar audit internal pada kelas A dan B. Penelitian ini menggunakan data skunder sebagai sumber penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa yang berada pada prodi D4 akuntansi keuangan publik semester 4 sebanyak 52 mahasiswa kelas A dan B . Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling, dan uji non-Parametric Menn-Whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel hasil kemampuan pemahaman belajar mahasiswa tidak ada perbedaan dari kedua kelas antara kelas A dan B. Dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah audit internal antara kelas A dan B sangat menurun sehingga berpengaruh pada hasil belajar dan juga kurang minat belajar kelas A dan B pada mata kuliah audit internal.

 

Published
2020-01-24
Section
Articles