Pengaruh Tax Avoidance, ROE, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia (2015-2017) : Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman

aminullah assagaf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tax avoidance, ROE, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan menggunakan data laporan tahunan atau annual report perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di BEI pada tahun 2015-2017 dengan populasi 24  perusahaan yang di seleksi dengan beberapa kriteria menjadi 18 perusahaan sebagai sampel.

Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan taknik analis data menggunakan regresi linier berganda, uji F, dan uji t dengan program aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Tax avoidance tidak berpengruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Return On Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Tax avoidance, return on equity, dan ukuran perusahaan secara simultan tidak mempengaruhi besar kecilnya nilai perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Muid, Moch. Ronni Noerirawan, 2012. “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Akuntansi Vol.1 No. 2, hal. 4

Agus Eko Sujianto. 2001. Analisi Variabel-variabel yang Mempengaruhi Struktur Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 2, No 2.

Agus Harjito dan Martono, Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta, 2011.

Agus Sartono, 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA.

Amalia Dewi Rahmawati, Topowijono dan sri sulasmiyati, ( 2015 ). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur modal dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jaap.v4i1.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.