PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN IDX 30 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018

Mustika Winedar

Abstract


Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Current Ratio (CuR), Cash Ratio (CaS), Total Debt to Total Assets Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Investment (ROI), Return on Assets (ROA), Fixed Assets Turnover (FATO), dan Total Assets Turnover (TATO), terhadap return saham pada perusahaan IDX30 Tahun 2018. Peneliti menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Dengan menggunakan pengambilan data secara purposive sampling diperoleh 23 emiten saham sebagai sampel untuk diteliti dari 30 emiten saham yang terdaftar pada indeks IDX30. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Semua data yang sudah diolah telah lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap return saham. Hal ini didukung dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,52 yang membuktikan perubahan return saham dapat dijelaskan dengan variabel independen sebesar 52%. Adapun variabel Current Ratio (CuR), Total Debt to Total Assets Ratio (DAR), Return on Assets (ROA), dan Total Assets Turnover (TATO) berpengaruh secara parsial terhadap return saham.

Full Text:

PDF

References


Azis, M., Mintarti, S., & Nadir, M. (2015). Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Dee publish.

Hariyani, I., & Purnomo, S. D. (2011). Instrumen Pasar Modal. Ciganjur: Visimedia.

Hartono, J. (2014). Teori dan Praktik Portofolio dengan Excel. Jakarta: Salemba Empat.

Prabawa, D. W., & Lukiastuti, F. (2015). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Manajemen Risiko dan Manajemen Modal Kerja Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Listing Di BEI Tahun 2010-2013). Jurnal Manajemen Indonesia, 1.

Salim, J. (2010). 10 Investasi Paling Gampang & Paling Aman. VisiMedia.

Savithri, A. (2017, November 23). Masyarakat Indonesia Berinvestasi di Pasar Keuangan. Retrieved February 4, 2018, from Market: http://market.bisnis.com/read/20171123/92/711942/schroders-21-masyarakat-indonesia-berinvestasi-di-pasar-keuangan

Widioatmodjo, S. (2014). Cara Cepat Investasi Saham Pemula (Revisi). Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jaap.v4i1.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.