FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PENGGUNAAN E-FILING OLEH WAJIB PAJAK PRIBADI SEBAGAI SARANA PELAPORAN SPT MASA SECARA ONLINE DAN REALTIME (STUDI PADA KPP PRATAMA SURABAYA RUNGKUT)

  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 448 , PDF downloads: 351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi  intensitas penggunaan e-filing oleh wajib pajak pribadi sebagai sarana pelaporan spt masa secara online dan realtime. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi intensitas wajib pajak dalam penggunaan e-filing meliputi persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kerumitan, keamanan, dan kesiapan teknologi wajib pajak.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan data primer dengan menggunakan media kuesioner yang disebar secara langsung pada objek penelitian yaitu wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Surabaya Rungkut. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling, dan didapatkan sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara persepsi kegunaan (X1), persepsi kemudahan (X2), kerumitan (X3), keamanan (X4), kesiapan teknologi wajib pajak (X5) terhadap intensitas wajib pajak dalam penggunaan e-filing (Y) pada KPP Pratama Surabaya Rungkut.

Author Biographies

, Universitas Dr. Soetomo
Program Studi Akuntansi
, Universitas Dr. Soetomo
Program Studi Akuntansi

References

Desmayanti, Esy dan Zulaikha. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filling OlehWajib Pajak Sebagai Sarana Penyampaian SPT MasaSecara Online Dan Realtime. Diponegoro Journal Of Accounting, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-12. UniversitasDiponegoro. Semarang.
Narimawati, Umi. 2008. MetodologiPenelitianKualitatifdanKuantitatif, TeoridanAplikasi, Agung Media. Bandung
Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 47/PJ/2008 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan dan Penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan Surat Pemberitahuan Tahunan Secara Elektronik (e-Filing) Melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP);
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 67/PMK.01/2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak yang telah adanya perubahan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor167/PMK.01/2012
Peraturan Menteri Keuangan Nomor74/PMK.03/2012 tentang Kriteria Wajib Pajak Patuh
Wiyono,AdriantoSugiarto. 2008. EvaluasiPenerimaanWajibPajakterhadapPenggunaan e-filling sebagai Sarana Pelaporan Pajak secara Online dan Realtime. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.11,No.2,h.117-132.Universitas Gajah Mada.Yogyakarta.
Wahyuningtyas, Septyara, 2016, “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Menggunakan E - Filing”, Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Published
2020-10-15
Section
Articles