NIAT SISWA TINGKAT SMA/SMK SEDERAJAT SEBAGAI CALON WAJIB PAJAK UNTUK MEMATUHI KEWAJIBAN PERPAJAKAN

  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Abstract views: 325 , PDF downloads: 566

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap apakah sosialisasi  perpajakan kepada calon wajib pajak berpengaruh terhadap niat mereka untuk patuh pajak melalui pemahaman pajak. Data penelitian  memakai data langsung/primer. Metode pengambilan sampelnya yakni convenience sampling. Tehnik analisis datanya adalah path analysis dengan sosialisasi perpajakan menjadi variabel bebas, niat patuh pajak menjadi variabel terikat, dan pemahaman pajak menjadi variabel intervening. Hasil analisis menyimpulkan kalau sosialisasi perpajakan memiliki pengaruh yang positif pada pemahaman pajak dan niat patuh pajak, pemahaman pajak juga mempunyai pengaruh yang positif pada niat patuh pajak, serta sosialisasi perpajakan juga memiliki pengaruh yang positif pada niat patuh pajak lewat pemahaman pajak.

Kata Kunci : Sosialisasi Perpajakan; Pemahaman Pajak; Niat Patuh Pajak; Calon Wajib Pajak


Author Biographies

, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Dosen Prodi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Dosen Prodi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Dosen Prodi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

References

a. Pengutipan sumber acuan dalam naskah (in text):
i. Cahya Pekerti, T., Wilopo, & Maulinahardi R, M. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Pemahaman Wajib Pajak yang Mendukung Kepatuhan Wajib pajak. Jurnal Perpajakan, 7(1), 1–10.
ii. Faris Naufal, M., & Setiawan, P. E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Prosedur Perpajakan, Umur, Jenis Pekerjaan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, 25, 241.
iii. Hafiz, M. (2018). Pengaruh Sosialisasi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak melalui Pemahaman Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Kebijakan Amnesti Pajak pada UMKM di KPP Pratama Semarang Tengah Dua). Universitas Dioponegoro, 7(3).
iv. Jessica Novia Susanto. (2013). Pengaruh Persepsi Pelayanan Aparat Pajak, Persepsi Pengetahuan Wajib Pajak, dan Persepsi Pengetahuan Korupsi terhadap Kepatuhan. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–17.
v. Lesmana, D., Panjaitan, D., & Maimunah, M. (2018). Tax Compliance ditinjau dari Theory of Planned Behavior (TPB): Studi Empiris pada Wajip Pajak Orang Pribadi dan Badan yang Terdaftar Pada KPP di Kota Palembang. InFestasi.
vi. Lubis, B. P. (2019). The Effect of Understanding Taxation Regulations , Understanding Tax Accounting , Tax Planning and Application Modern Tax Administration System on Tax Compliance ( Survey of Taxpayers Registered at Tax Office Cengkareng - Jakarta ). 8(9), 2018–2020.
vii. Nurkhin, A., Novanty, I., Muhsin, M., & Sumiadji, S. (2018). The Influence of Tax Understanding, Tax Awareness and Tax Amnesty toward Taxpayer Compliance. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 22(2).
viii. Purba, B. P. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Pelayanan Fiskus Sebagai Variabel Moderating di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Kembangan. Akuntansi Perpajakan, 1(2), 29–43.
ix. Sari, I. K., & Saryadi. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak melalui Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pelaku UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
x. Septiani, E., Susyanti, J., & Rachmat, A. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Tarif Perpajakan, dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). E – Jurnal Riset Manajemen, 126–138.
xi. Septiyani, N., & Putranti, T. M. (2013). Penguatan Pengetahuan Perpajakan bagi Siswa Didik Menuju Voluntary Tax Compliance yang Berkelanjutan (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat di Provinsi DKI Jakarta). Hal 1-20.
xii. Wanarta, F. E., & Mangoting, Y. (2014). Pengaruh Sikap Ketidakpatuhan Pajak, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku yang Dipersepsikan terhadap Niat Wajib Pajak Orang Pribadi untuk Melakukan Penggelapan Pajak. Tax & Accounting Review, 4(1), 138.
xiii. Wardani, D. K., Kartikasari, F. Pengaruh Sosialisasi PP 23/2018 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dengan Pemahaman Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening. 5(1), 1–16.
xiv. Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pengetahuan Perpajakan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen) Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1).
xv. Winerungan, O. L. (2013). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan WPOP Di Kpp Manado Dan Kpp Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 960–970.
xvi. Wulandari, T., A., & Ilham, E. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(2)
b. Daftar Rujukan ditulis urut abjad, dengan perincian sebagai berikut:
d) Website. Contoh:
Aditya, Ivan, 2019, Penerimaan Pajak Capai 1,8 Triliun, diunduh pada tanggal 28 November 2020, https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/penerimaan-pajak-capai-rp-18-triliun/
Published
2021-04-07
Section
Articles