PROSES INTERNALISASI PENDIDIKAN KEUANGAN MAHASISWA DALAM MENUNJANG SDGs


Abstract
Pendidikan keuangan sangat penting bagi mahasiswa, agar mahasiswa bisa mandiri dalam mengelola keuangannya. Fokuspaper iniadalahmendeskripsikanbagaimana proses internalisasipendidikan keuangan dalam menunjangSDGs. Penelitianini menggunakanpendekatan kualitatif fenomenologi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaProsesInternalisasipendidikankeuangan diperolehdari tahaptransformasiberupapenyampaian materi;tahaptransaksinilaiberupainteraksiantarkeduabelahpihak,dantahaptransinternalisasi yaitubukanhanyadilakukandengankomunikasiverbal tapi jugasikapmentaldankepribadian. Mediator dalam proses internalisasi pendidikan keuangan adalah teman, praktik pribadi, keluarga (orang tua) dan dosen/perguruan tinggi. Internalisasi pendidikankeuanganyangdibentukdaripendidikandosenmelalui menyampaikanmaterikeuangan perusahaanmaupunkeuangan pribadi.Internalisasipendidikan keuangan ke dalamperilaku mahasiswa dapat membentuk mahasiswa/lulusan yang berkualitas, sehinggamemacupencapaianterhadaptujuandansasarandalameraSDGs
References
Ardiansyah, Asrori. 2011. Proses Internalisasi Nilai. Kabar Pendidikan Blogspot : Malang
Chintia & Ida. 2010. Pengaruh Locus of Control, Financial Knowledge, Personal Income Terhadap Financial Managamant Behaviour. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol 12 hal 3.
Chira, I, Adams, M and Thorthon, B. Behavioral Bias Within The Decision Making Process. Journal of Business & Economics Research – August 2008, Volume 6, Number 8
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Harmadi, Sonny Harry B. 2016. Tujuan Pembangunan Perkelanjutan (SDGs). Kompas 14 April 2016
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989. Tim penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud
Khisna, Ayu dkk. 2010. Analisis Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Proceedings of The 4 th International Conference on Teacher Education; Joint Conference UPI & UPSI. Bandung 8-10 Nopember 2010.Madura, Jeff. 2007. Personal Finance. Addison Wesley
Madura, Jeff. 2007. Personal Finance. New Jersey: Upper Saddle River.
Ridwan, Effendi. 2006. Pendiidkan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Bandung: UPI PRESS.
Rusmawati, Z. (2014). Internalisasi Pendidikan Keuangan ke dalam Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 1(4), 343-353.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Chintia & Ida. 2010. Pengaruh Locus of Control, Financial Knowledge, Personal Income Terhadap Financial Managamant Behaviour. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol 12 hal 3.
Chira, I, Adams, M and Thorthon, B. Behavioral Bias Within The Decision Making Process. Journal of Business & Economics Research – August 2008, Volume 6, Number 8
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Harmadi, Sonny Harry B. 2016. Tujuan Pembangunan Perkelanjutan (SDGs). Kompas 14 April 2016
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989. Tim penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud
Khisna, Ayu dkk. 2010. Analisis Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Proceedings of The 4 th International Conference on Teacher Education; Joint Conference UPI & UPSI. Bandung 8-10 Nopember 2010.Madura, Jeff. 2007. Personal Finance. Addison Wesley
Madura, Jeff. 2007. Personal Finance. New Jersey: Upper Saddle River.
Ridwan, Effendi. 2006. Pendiidkan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Bandung: UPI PRESS.
Rusmawati, Z. (2014). Internalisasi Pendidikan Keuangan ke dalam Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 1(4), 343-353.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2017-10-16
Issue
Section
Articles

Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License