PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS DAN PROFITABILITAS TERHADAP TRANSFER PRICING

  • Universitas Widya Kartika
  • Universitas Widya Kartika
Abstract views: 2805 , PDF downloads: 3097

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan terbesar bagi negara. Membayar pajak adalah kewajiban yang harus dilakukan baik oleh orang pribadi maupun badan. Perencanaan pajak merupakan cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengurangi beban pajak yang dibayarkan, salah satunya yaitu melalui transfer pricing. Akan tetapi, hal tersebut dapat mengurangi pendapatan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pajak, tunneling incentive, Mekanisme Bonus dan Profitabilitas Terhadap transfer pricing  pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebanyak 174 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga ditemukan sampel penelitian sebanyak 25 perusahaan. Periode tahun yang digunakan oleh peneliti adalah dari tahun 2016 – 2019. Hasil dari penelitian menggunakan SmartPLS menunjukkan bahwa variabel tunneling incentive berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing  dan variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap transfer pricing . Sedangkan variabel pajak dan mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing .

Author Biography

, Universitas Widya Kartika
Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

References

Agustina, N. A. (2019). Pengaruh Pajak, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer pricing . Seminar Nasional Mahasiswa .
Barus, A. C., & Leliani. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 3(2).
Batjo, N., & Shaleh, D. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia . Sulawesi Selatan : Aksara Timur .
Darussalam, Septriadi, D., & Kristiaji, B. B. (2013). Transfer pricing Ide Strategi, dan Panduan Praktis Dalam Perspektif Pajak Internasional. Jakarta: Danny Darussalam Tax Center .
Hair, J. F., Hult, G. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) .
Hartati, W., Desmiyawati, & Julita. (2015). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SNA .
Hery . (2016). Financial Ratio For Business . Jakarta : PT. Grasindo .
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). The Theory of The Firm: Manajerial Behaviour, Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305-360.
Johnson , S., Porta , R. L., Silanes, F. L., & Shleifer, A. (2000, Mei). Tunneling. Aea Papers and Proceedings, 90(2).
Melmusi, Z. (2016). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer pricing pada Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Ekobistek Fakultas Ekonomi, 5(2), 1-12.
Noviastika, D., Mayowan, Y., & Karjo, S. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling incentive dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Bursa Efek Indonesia yang Berkaitan Dengan Perusahaan Asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8 (1).
Pohan, D. A. (2019). Pedoman Lengkap Pajak Internasional Konsep, Strategi, dan Penerapan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Purwanto, G. M., & Tumewu, J. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling incentive dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 16(1).
Rahmawati , S. (2016). Konflik Keagenan dan Tata Kelola Perusahaan di Indonesia . Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.
Refgia , T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing dan Tunneling incentive Terhadap Transfer pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Listing di BEI Tahun 2011-2014). JOM Fekon, 4(1).
Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling incentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Transaksi Transfer pricing (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015).
Sari, E. P., & Mubarok, A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Pajak dan Debt Covenant Terhadap Transfer pricing (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). Seminar Nasional I Universitas Pamulang.
Septiana, A. (2019 ). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan . Pamekasan : Duta Media .
Suandy , E. (2016 ). Perencanaan Pajak . Jakarta : Salemba Empat .
Supriyono, R. (2018). Akuntansi Keperilakuan . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press .
Susilowati, K. D., Candrawati, T., & Afandi, A. (2018). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Indonesia). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2).
Published
2021-04-07
Section
Articles