Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Sustainability Report sebagai Variabel Mediasi

  • melvie paramitha Universitas Widya Kartika
  • irene irene Universitas Widya Kartika
Abstract views: 214 , pdf downloads: 612

Abstract

Corporate Social Responsibility merupakan suatu bentuk tanggung jawab bagi perusahaan kepada lingkungan, sosial, dan masyarakat selama perusahaan tersebut beroperasi. Namun dalam hal ini banyak perusahaan masih mengabaikan tanggung jawab nya dan tidak mengetahui kepentingan dari Corporate Social Responsibility bagi keberlanjutan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Sustainability Report sebagai variabel mediasi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020.

Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Annual Report dan Sustainability report. Dari 181 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ditemukan sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Periode tahun yang digunakan oleh peneliti adalah tahun 2018-2020 dan dianalisis menggunakan Smart-PLS.

Hasil Penelitian menggunakan SmartPLS pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Sustainability Report. Sedangkan variabel Corporate Social Responsibility dan Sustainability Report tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan serta Sustainability Report tidak berhasil menjadi variabel mediasi antara Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

Author Biography

melvie paramitha, Universitas Widya Kartika

Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

Published
2022-05-23