Analisis Pengungkapan Sukarela, Kualitas Pelaporan Keuangan, dan Tata Kelola Perusahaan Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19

  • Riyanto Setiawan Suharsono Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
Abstract views: 95 , pdf downloads: 83

Abstract

Kualitas pelaporan keuangan perusahaan sangat vital dalam memberikan informasu kepada pengguna laporan keuangan terkait aktivitas ekonomi bisnis, akuntansi serta memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan secara wajar. Kualitas pelaporan keuangan dipengaruhi oleh banyak hal seperti pengungkapan yang menunjukkan transparansi dalam pengelolaan keuangan, kesamaan informasi yang didapat antara pemilik dan manager, dan tata kelola perusahaan yang sistematis. Penelitian ini menguji pengaruh Pengungkapan Sukarela terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan melalui Tata Kelola Perusaan pada perusahaan manufaktur sebelum dan selama Covid 19

Perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia dipilih sebagai obyek penelitian dengan pertimbangan karena perusahaan manufaktur mempunyai skala yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan lain sehingga diharapkan bisa digeneralisasi dan dapat dibandingkan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Kualitas Pelaporan Keuangan dari perusahaan manufaktur yang cukup banyak danĀ  tersebar di berbagai pulau di negara Indonesia menjadi hal yang potensial untuk diteliti lebih lanjut. Hal ini untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kualitas pelaporan keuangan perusahaan di bursa efek Indonesia dibandingkan dengan perusahaan lain di dalam negeri maupun luar negeri.

Teori yang mendasari penelitian ini menggunakan Teori Signal. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 168 perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2018-2020. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan Moderated Regresi Analysis (MRA).

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan Sukarela, Kualitas Pelaporan Keuangan, danĀ  Tata Kelola Perusahaan sebelum Pandemi Covid 19 di tahun 2018 menunjukkan kondisi yang stabil, selama Pandemi Covid 19 di tahun 2019-2020 menunjukkan kondisi yang menurun.

Kata Kunci : Pengungkapan Sukarela, Kualitas Pelaporan Keuangan, Tata Kelola Perusahaan

Published
2022-10-03