FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WAJIB PAJAK BADAN MENGGUNAKAN JASA KONSULTAN PAJAK

  • Niswatin Avivah Nimas Pradani Ponengo Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Heni Agustina Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
Abstract views: 137 , pdf downloads: 221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi wajib pajak, pemahaman
perpajakan, dan persepsi wajib pajak terhadap minat wajib pajak badan untuk menggunakan
jasa konsultan pajak pada lawan transaksi pengusaha kena pajak PT Rahma Istana Sejahtera.
Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer. Data primer yang
diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan pada wajib pajak badan yang menjadi lawan
transaksi pengusaha kena pajak PT Rahma Istana Sejahtera. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lawan transaksi pengusaha kena pajak PT Rahma Istana Sejahtera
yang belum menggunakan jasa konsultan pajak, dimana sampel terdiri dari 75 wajib pajak
badan yang telah dilakukan proses pemilihan sampel. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
Motivasi Wajib Pajak, Pemahaman Perpajakan, dan Persepsi Wajib Pajak berpengaruh
signifikan terhadap minat wajib pajak badan menggunakan jasa konsultan pajak.

Published
2022-10-03