Pengaruh Leverage, Kepemilikan Manajerial, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Integritas Laporan Keuangan

  • Dewi Wulan Universitas Telkom, Indonesia
  • Leny Suzan Universitas Telkom, Indonesia
Abstract views: 278 , pdf downloads: 263

Abstract

Integritas laporan keuangan merupakan prinsip dimana laporan keuangan disajikan sesuai dengan apa yang terjadi, jujur, dan tidak memihak. Perusahaan harus menyajikan laporan keuangan yang berintegritas tinggi agar para pengguna laporan keuangan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik. Integritas laporan keuangan dapat tercapai apabila perusahaan mempunyai karakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu relevan dan dapat diandalkan. Dalam penelitian ini, pengukuran integritas laporan keuangan menggunakan pengukuran konservatisme. Konservatisme merupakan prinsip kehati-hatian dalam menghadapi ketidakpastian perusahaan agar tidak terjadi kecurangan dalam penyajian laporan keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan. perusahaan  manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  diperoleh  dari  data  laporan  tahunan  pada Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive  sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan software Eviews 12. Jumlah  sampel yang diperoleh dalam penelitian sebanyak 19 perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Secara parsial leverage dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen lain  yang berpotensi memiliki pengaruh terhadap integritas laporan keuangan

 

Kata Kunci: integritas laporan keuangan, kepemilikan manajerial, leverage, ukuran perusahaan

Published
2022-10-03