METODE PEMBELAJARAN ONLINE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

  • lailatus saadah
  • Ainiyaturruha Masruroh STIE Malangkucecwrara Malang
  • Muhammad Soedarman STIE Malangkucecwrara Malang
Abstract views: 297 , pdf downloads: 313

Abstract

Metode pembelajaran online menjadi pilihan dalam penyampaian materi kuliah pada masa pandemi Covid-19 ini dan dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan minat belajar mahasiswa terhadap pemahaman akuntansi dan pengaruh pembelajaran online sebagai variabel moderasi pada kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkucecwara Jurusan Akuntansi angkatan 2018 – 2019. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, terdapat 73 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana dan MRA (Moderated Regression Analysis) data diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual,emosional dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Namun, untuk pembelajaran online sebagai variabel moderasi memperlemah kecerdasan intelektual, emosional dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi.

Published
2023-04-09