PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN PADA MINAT WAJIB PAJAK DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) MENGGUNAKAN TOKOPEDIA PADA KABUPATEN KETAPANG


Abstract
Pemerintah Kabupaten Ketapang terus mengembangkan sistem informasi pemerintahan berbasis elektronik menggunakan teknologi informasi. Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang juga terus melakukan inovasi sebagai salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk melakukan pembayaran memakai salah satu inovasi yang dilakukan pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ketapang yakni pembayaran melalui platform belanja daring Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan dua hipotesis. Populasi dari penelitian ini adalah 130 wajib pajak PBB Kabupaten Ketapang yang telah menggunakan Tokopedia sebagai sarana pembayaran PBBnya. Berdasar populasi tersebut telah ditentukan sampel sebanyak 99 orang responden penelitian. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa persepsi kemudahan tidak memiliki pengaruh positif terhadap keinginan masyarakat dalam menggunakan Tokopedia sebagai sarana pembayaran PBB, sementara itu persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh positif terhadap keinginan masyarakat menggunakan aplikasi Tokopedia sebagai sarana pembayaran PBB.

Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License