Open Journal Systems

Perjalanan Naskah


Redaksi menerima naskah dalam bahasa Indonesia atau bahasa Jepang. Naskah yang kami terima akan diseleksi oleh editor berdasarkan persyaratan dan gaya selingkung (sistematika penulisan) yang telah ditetapkan. Selanjutnya, editor menilai naskah dari substansi maupun keorisinalannya. Setelah lolos seleksi, naskah diberikan kepada reviewer yang sesuai dengan kepakaran tema naskah untuk dikaji.


Reviewer kemudian memberi catatan baik berupa penilaian, saran, ulasan maupun kritik terhadap setiap naskah sebagai bahan revisi untuk penulis melalui editor. Revisi tersebut dapat berupa revisi minor maupun mayor. Setelah direvisi oleh penulis, naskah dikirimkan kembali kepada editor kemudian ke reviewer.
Setelah dinyatakan layak terbit oleh reviewer, editor akan mengecek kembali sistematika penulisan naskah, kemudian menyerahkan ke editor layout. Editor layout kemudian menghimpun dan meninjau ulang seluruh naskah kemudian melakukan penyetingan jurnal. Setelah fix, naskah dikirim ke tim IT untuk di-upload dan diterbitkan secara online. Setelah terbit, manajer jurnal akan menyerahkan naskah ke percetakan untuk diterbitkan secara cetak. Penulis akan mendapatkan satu eksemplar jurnal Ayumi dengan mengganti biaya cetaknya. Bagi penulis yang tidak mengirimkan naskahnya setelah mendapat catatan dari reviewer, naskah tidak akan diterbitkan dan file yang sudah pernah terkirim menjadi milik redaksi jurnal Ayumi.