ANALISIS OPTIMALISASI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA TERMINAL PETIKEMAS PADA STASIUN KALIMAS (STUDI KASUS: JO. BUMIKALOG)
ANALYSIS OF OPTIMIZATION OF DEVELOPMENT OF FACILITIES AND INFRASTRUCTURE OF CONTAINER TERMINALS AT KALIMAS STATION (CASE STUDY: JO. BUMIKALOG)
Abstract
JO. BUMIKALOG merupakan badan usaha jasa logistik gabungan antara PT Bumi Wijaya Terminal dan PT Kereta Api Logistik yang berada di bawah
naungan PT Kereta Api Indonesia pada tanggal 23 Mei 2013. Fokus Bisnis JO Bumikalog Terminal penumpukan barang/container, Stuffing/Stripping/Rework
Kegiatannya, Penyewaan Tanah/Gudang, Penumpukan, Bongkar Muat Semen, Bongkar Muat Kontainer. Beberapa permasalahan yang terjadi pada
JO.BUMIKALOG memuat kinerja pelayanan operasional terminal JO. BUMIKALOG saat ini sedang berlangsung dalam penyediaan pemuatan dan
pelayanan bongkar muat peti kemas, identifikasi kapasitas yang terpakai dan tersedia pada terminal peti kemas, dan pengukuran kapasitasnya
Terminal peti kemas JO.BUMIKALOG untuk menampung peti kemas dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Tujuan penelitian meliputi menganalisis dan mengidentifikasi
kinerja pelayanan bongkar muat petikemas di Terminal JO. BUMIKALOG, Analisa kapasitas terpakai dan tersedia pada container
terminal, dan menghitung kapasitas terminal peti kemas dalam kurun waktu 5 tahun dengan menggunakan metode Forecasting. peneliti melakukan Peramalan peneliti
melakukan pengolahan data dengan metode BOR (Berth Occupancy Ratio), mengukur proporsi kapasitas moda yang digunakan (Kereta Api) terhadap kapasitas lapangan
dan YOR (Yard Occupancy Ratio) yang mengukur proporsi kapasitas lahan yang terpakai (Hold Kapasitas) terhadap kapasitas lapangan yang tersedia berdasarkan pemahaman
Oleh karena itu, BOR dan YOR saling terkait untuk mendukung kelompok usaha yang dilakukan oleh pemilik usaha, dalam hal ini JO. Bumikalog. Hasil dari ini
penelitian menghasilkan identifikasi menggunakan metode BOR di JO.BUMIKALOG dari tahun 2018 - 2022 yaitu sebesar 33%. Kondisi ini masih memenuhi UNCTAD
standar yaitu <70%. Sehingga JO.BUMIKALOG masih layak untuk melakukan kegiatan bongkar muat. Untuk mengidentifikasi JO.BUMIKALOG BOR di
2018 – 2027 rata-ratanya 77%. Kondisi ini berada pada standar UNCTAD yaitu lebih dari 70%. Sehingga harus dikembangkan dengan memperhatikan
penumpukan tambahan.
References
Affiat, M. R., Fadli, F., & Mafrudoh, L. (2021). Throughput
dan Dwelling Time pada Yard Occupancy Ratio Pelabuhan Sunda Kelapa. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik,
https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v7i2.661
Nurhadini, A., Rafie, & Indrayadi, M. (2017). OPTIMASI PELAYANAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK.
BUMIKALOG.(2023). 7(2). BUMIKALOG.https://bumikalog.co.id/
Ridwan, & Luhur Pambudi, M. A. (2022). Pengaruh Alat Bongkar Muat Container Dan Kinerja Fasilitas Terhadap Efektifitas Penggunaan Dermaga TPKS Tanjung Emas Semarang. Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, 2(1), 30–37.
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.