Perencanaan Ulang Struktur Bawah Pilar Jembatan Overpass Limo Proyek Cijago 3, Depok
Redesign of Substructure of Limo Overpass Bridge Pillar, Cijago 3 Project, Depok


Abstract
Saat merencanakan struktur pilar jembatan overpass Limo, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kekuatan struktur bangunan akibat beban yang bekerja. Perencanaan struktur pilar jembatan ini harus direncanakan dengan perhitungan pembebanan pilar jembatan yang menggunakan SNI 1725:2016 tentang pembebanan jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif dari pilar dengan variasi tipe pilar yaitu pilar tunggal dan pilar ganda. Perencanaan ini juga dilakukan untuk mencari alternatif yang lebih ekonomis, efisien dan aman khususnya pada kontrol stabilitas strukturnya. Dari perencanaan ini didapatkan dimensi pilar tunggal sebesar 16 m x 2 m dengan tinggi pilar 4 m, sedangkan untuk pilar ganda didapatkan dimensi 9.9 m x 2 m dengan tinggi 4 m. Kemudian dilakukan perhitungan kontrol stabilitas struktur pada setiap pilar dengan safety factor sebesar 1.5 kontrol stabilitas pilar yang digunakan adalah kontrol guling dan kontrol geser baik dari arah memanjang jembatan dan melintang jembatan. Penulangan pada dari penelitian ini dapatkan hasil Tulangan utama menggunakan 400-D32, Geser 2D-19, dan Pengekang D13-150 – 150 pada pilar tunggal. Sedangkan pilar ganda ulangan utama 246 D32, tulangan geser menggunakan 2D19-150, dan untuk tulangan pengekang D13-150 mm yang dipasang selang-seling. Penelitian ini juga merencanakan pondasi dan pilecap yang direncanakan pada pilar tunggal menggunakan total 39 buah tiang pancang dan pilar ganda 33 buah tiang pancang. Dari perencanaan ini juga dilakukan kontrol pada struktur bawah pondasi yaitu kontrol gaya aksial, kontrol lateral, dan defleksi pada tiang. Kemudian setelah didapatkan data yang digunakan dalam perencanaan ini dilakukan perhitungan rancangan anggaran biaya yang didapatkan hasil Rp 3.683.100.000,00 untuk pilar tunggal dan pilar Ganda didapatkan hasil: Rp 3.833.799.000,00. Setelah itu dilakukan pemilihan alternatif yang digunakan berdasarkan stabilitas struktur dan rancangan anggaran biaya yang didapatkan hasil bahwa Pilar Tunggal lebih effisien dari segi stabilitas struktur dan rancangan anggaran biaya.
References
Badan Standardisasi Nasional. (2004). RSNI T-12-2004 – Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan. Jakarta: BSN.
Badan Standardisasi Nasional. (2008). SNI 2451: 2008 Spesifikasi Pilar Dan Kepala Jembatan Beton Sederhana. Jakarta: BSN.
Badan Standardisasi Nasional. (2008). SNI 2833:2008 – Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Jakarta: BSN.
Badan Standardisasi Nasional. (2016). SNI 1725:2016 – Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta: BSN.
Badan Standardisasi Nasional. (2016). SNI 2833:2016 – standar perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan. Jakarta: BSN.
Badan Standardisasi Nasional. (2019). SNI 1726:2019 – Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan nongedung. Jakarta: BSN.
Chalouhi, E. K., Pacoste, C., & Karoumi, R. (2020). Topological and size optimization of RC beam bridges: an automated design approach for cost effective and environmental friendly solutions. Nordic Concrete Research, 61(2), 53-78.
Hadizadeh-Bazaz, M., Navarro, I. J., & Yepes, V. (2023). Durability assessment and re-design of coastal concrete bridge through a non-destructive damage detection method. In 27th International Congress on Project Management and Engineering, AEIPRO (pp. 10-13).
Prasetya, M. R. (2021). PERENCANAAN ULANG STRUKTUR JEMBATAN OVERPASS BANDARA SOEKARNO–HATTA KOTA TANGERANG. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 2(1), 63-69.
PUPR (2021). Buku Panduan Teknis Jembatan I. Jakarta.
PUPR (2022). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022
Rizqi, M. F., Sholeh, M., & Wahiddin, W. (2022). DESAIN ULANG STRUKTUR BAWAH JEMBATAN KARANGGONGSO I STA 6+ 365 PADA PROYEK JLS LOT 6. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 3(4), 320-326
Yang, Q. J., & Dane, J. J. (2021, November). Geotechnical Challenges in Design and Construction of Bridge Foundations and Approaches in Hilly Granite Formation. In Australian Geomechanics Society Sydney Annual Symposium (pp. 185-210). Singapore: Springer Nature Singapore.
Zulkifli, Z. S., & Lubis, S. (2022). Pendayagunaan Kawasan Bantaran Rel Kereta Api Dan Jembatan Layang Untuk Sarana Publik Kota Medan: Pendayagunaan Kawasan Bantaran Rel Kereta Api Dan Jembatan Layang Untuk Sarana Publik Kota Medan. Jurnal Koridor, 13(02), 28-35.
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.