PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP VALUE OF CAMPANY MELALUI PERFORMANCE FINANCIAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017

  • Fakultas Ekonomi Universitas Mayjend Sungkono Mojokerto
Abstract views: 652 , PDF downloads: 746
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), Performance Financial, Value Of Company

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) terhadap Value Of Company melalui Performance Financial pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung : 1). Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Performance Financial, 2). Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Performance Financial, 3). Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Value Of Company, 4). Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Value Of Company,5). Performance Financial berpengaruh postif dan tidak signifikan terhadap Value Of Company, untuk hasil yang secara tidak langsung (variabel intervening) yaitu : 7). Corporate Social Responsibility (CSR) berpenngaruh postif dan tidak signifikan terhadap Value Of Company melalui  Performance Financial, 8). Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh postif dan tidak signifikan terhadap Value Of Company melalui  Performance Financial pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017

References

Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia(The Intellegent Guide to Indonesia Capital Market) . Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Anjani, N., & Astika, I. B. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibilty pada Nilai Perusahaan sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akutansi .

Annisa, L. N. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Struktur Modal dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan . E-Journal Akutansi .

Anoraga, P. (2013). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Apriyanti, N. M., & Budiasih, I. (2016). Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akutansi Universita Udaya 14.2 .

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Cesario, T. K. (2015). Pengaruh Mekanisme Good Corporate dan Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan . E-Journal Fakultas Ekonomi dan Bisnis .

Christiaawan, Y. J., & Tarigan, J. (2016). Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan . Jurnal Ekonimi Akutansi , Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra .

Effendi, M. A. (2016). The Power of Good Corporate Governance. Depok: Salemba.

Erdianty, R. W., & Bintoro, I. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility dan Good Corparate Governance sebagai Variabel Intervening . E-Journal Ekonomi dan Bisnis .

Fahmi, I. (Alfabeta). Analisis Laporan Keuangan . Lampulo.

Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Lampulo.

Feriel, F., & Handayani, S. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dan Efeknya terhadap Nilai Perusahaan(Studi pada Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di BEI periode 2012-2014. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 33 , 146-153.

Ghozali, I. Aplikasi Ananlisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Husnan, S., & Pudjiatuti, E. (2015). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMO YKPN.

Jensen, & M. (1997). Business Ethics Quarterly. In Value maximization, stakeholder theory, and the corporate objective function (pp. 235-256).

Khumairoh, N. D. (2014). Pengaruh Kualitas Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. Journal Trunojoyo .

Kusuma, P. W. (2018). Pengaruh GCG, CSR dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Peruasahaan. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mahendra, A. D., Artini, L. G., & Suarjaya, A. A. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Universitas Udaya Denpasar.Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol.6(2) .

Mardikanto, T. (2014). Corporate Soscial Responsibility. Bandung: Alfabeta.

Marnelly, T. R. (2013). Corporate Social Responsibility(CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia Vol.2 No.2.

Maryanti, E., & Fithti, W. N. (2017). Pengaruh Corporate Social Resposibility,Good Corporate Social , Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan dan Pengaruhnya pada Nilai Perusahaan. Journal Of Accounting Science , 21-37.

Maryanto, H. K. (2017). Pengaruh Intellektual Capital dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening . Jurnal Fakultas Ekonomi .

Masitoh, N. S., & Hidayah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Good Corporate terhadap Kinerja Perusahaan. Telaah Jurnal Akutansi dan Bisnis .

Munawar, S. (2014). Anallisis Laporan Keuangan . Yogyakarta: Liberty.

Pardede, P. D., & Manurung, R. (2014). Analisis Jalur: Teori dan Aplikasi dalam Riseet Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, et. al. (2016). Analisis Pengaruh Rotasi Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga Volume 7 No.2 .

Santoso, A. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. SNAPER-EBIS , 67-77.

Solimun. (2013). Pengutan Metode Penelitian, General Struktur Component Analysis(GSCA). Program Study Statistik Fakultas MIPA Universitas Brawijaya

Sudana, I. M. Manajemen Keuangan Perusahaan Buku edisi 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta. Bandung.

Sutedi, A. (2015). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Thaharah, N. (2016). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan LQ45 . Jurnal Ilmu dan Riset Akutansi Volume 5, Nomor 2 .

Thaharah, N. (n.d.). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kinerja Keuanganterhadap Nilai Perusahaan LQ45. Jurnal Ilmu dan Riset Akutansi Volume 5, No.2 .

Wati, L., & Asandimitra, N. (2017). Pengaruh Good Corporat Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Intervening Kinerja Keuangan , 1-8.

Wibowo, S., & Yokhebed, T. (2016). Pengaruh CSR Dislousure dan GCG terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening di Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papersunisbank , 926-935.

Wicaksono, S. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Profitabilitas Perusahaan(Studi Empiris pada Perusahaan Peserta Corporate Governance Perception Index ). Thesis. Universita Diponegoro, Semarang .

Wiyono, G., & Kusumo, H. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan Berbasis CorporatE Value Creation Edisi kesatu. Yogyakarta: UPP STIM
Published
2020-03-10
How to Cite
(2020). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP VALUE OF CAMPANY MELALUI PERFORMANCE FINANCIAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017. Develop, 4(1), 1-19. https://doi.org/10.25139/dev.v4i1.2205
Section
Articles