Kepuasan pelanggan seluler dan persaingan harga

  • Universitas dr Soetomo
Abstract views: 91 , PDF downloads: 110

Abstract

Sarana komunikasi yang tersedia di zaman yang semakin modern sangat memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi, sehingga menjadikan dunia ini seakan sempit dengan diiringi kemajuan ilmu pengetahuan dan sarana teknologi yang canggih yang berakibat pada perkembangan di segala bidang. Salah satunya di bidang telekomunikasi dalam hal persaingan antar perusahaan telekomunikasi.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisa pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian paketan internet Simpati.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acsidental sampling yang mana penentuan sample berdasarkan kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti bila dipandang orang tersebut cocok sebagai sumber data yaitu mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 20.Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian paketan internet Simpati di kalangan mahasiwa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo.

References

Aminullah,2013.MetodelogPenelitian Manajemen.Malang: BayumediaPublishing
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arumsari,Dheany.2012.Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Harga,Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua ( StudiPadaKonsumenToko Bhakti Mart KPRI Bhakti PrajaProvinsi).Skripsi.UniversitasDiponegoro. Semarang.
Andrianto,Hendra.2013.Pengaruh Kualitas Produk,CitraMerek,Harga,dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota KijangInova Di Semarang. Skripsi.UniversitasDiponegoro Semarang.
Andianto,Miky.2016.Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Niat Beli Kartu XL 4G LTE (StudiKasusPadaPengguna Smartphone 4G Di WTC Surabaya).JurnalIlmuManajemen 4(3):433-450.
Bachmid,Abdurrahman.2016.Analisis Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel 4G LTE Di Manado ( StudiKasusFakultasEkonomiDan BisnisDi Universitas Sam Ratulangi).JurnalEmba 4(4):1209-1219.Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Budiarjo,Gigih.2016.Pengaruh Kualitas Produk,Harga,PromosiDan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian ProdukAqua Di Kota Pati.Jurnal STIE Semarang 8 (2). STIE Semarang. Semarang.
Charlos,Jhon.2017.Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Indosat Ooredo.Skripsi.UniversitasSanata Dharma Yogyakarta. Yogyakarta.
Engel, F. J.,dkk.2009.StrategiPromosiYang BersifatKreatif.Jakarta:PT GramediaPustaka.
Fillah,Aufi.2018.Pengaruh Promosi , Harga , Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Indihome (Studi Kasus Perumahan PesonaBalidi Kota Bandung).Jurnal E-Proceeding Manajemen (1)3:3245-3252.
Ferdinand, Augusty.2006.Metode Penelitian Manajemen.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Azwar,Syaifuddin
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang: BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.
Indrasari, M., Hapsari, I. N., & Sukesi, S. (2019). Customer loyalty: effects of sales information system, marcomm, and brand ambassadors. Jurnal Studi Komunikasi, 3(2), 182-198.
Kotler, P., dan Keller, L. K. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi 19.Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dan Keller, L. K. 2009. Marketing Management. England: Pearson Education, Inc.
Kotler, P., dan Keller, L. K. 2012. Marketing Management (14thEdition). England: Pearson Education, Inc.
Kotler, P., dan Keller, L. K. 2016. Marketing Management (14thEdition). England: Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip.,dan Armstrong, Garry. 2014. Prinsip-PrinsipManajemenEdisi 14 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lensun,Jessica.2014.Pengaruh Kualitas Produk,Harga,Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel.JurnalEmba2(3):1237-1245.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Lembang,Rosita.2010.AnalisisPengaruhKualitasProduk,Harga,PromosiDan CuacaTerhadap Keputusan Pembelian The Siap Minum Dalam Kemasan Merek Tea Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler Universitas Diponegoro).Skripsi.UniversitasDiponegoro. Semarang.
Mongi,Lidya.2013.Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Manado.JurnalEmba (1) 4:2336-2346.Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Priambudi,Panji.2016.Analisa Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian Kartu SelulerSimpati Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas17 Agustus Surabaya.JurnalEkonomiManajemen2 (2):433-450.
Rachim, M. M. I., Yenny, Y., & Susilo, D. (2019). MENDEFINISIKAN ULANG VISUALISASI KESEGARAN DALAM IKLAN MINUMAN RINGAN: SEMIOTIKA SPRITE “KENYATAAN YANG MENYEGARKAN”. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 4(2), 23-32.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Layanan Prima. Yogyakarta: CvAndi Offset.
Weenas,Jackson.2013.Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.JurnalEmba 1(4):607-618.Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Winarno,Slamet.2018.Faktor Faktor Penentu Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Ooredo.JurnalEkonomi&EkonomiSyariah1 (2):2599-3410.
Published
2018-10-01
Section
Articles