Analisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada apotek BM-41 gresik

  • Universitas dr Soetomo
  • Universitas dr Soetomo
Abstract views: 674 , PDF downloads: 672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui apakah kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Apotek BM-41 Gresik. metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode kuantitatif dan mengambil sampel sebanyak 50 responden. Menggunakan teknik pengumpulan data sampling jenuh. Data yang di gunakan dari penelitian ini berdasarkan dari kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diuji dengan uji Validitas dan uji Reliabilitas. Kemudian dibantu dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi berdistribusi normal. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis regional, uji linearitas diperoleh Probabilitas = 0,000 < 0,05, maka kualitas produk dengan keputusan pembelian mempunyai hubungan linear, dan kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian mempunyai hubungan linear. Nilai koefisien kualitas produk bernilai positif sebesar 0,272. Nilai koefisien determinasi berganda sebesar 0.508 atau 50,8% sedangkan sisanya sebanyak 49,2% (100%-50,8%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y), karena berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai signifikasi variabel kualitas pelayanan (X2) lebih kecil dari nilai signifikasi variabel kualitas produk (X1) sebesar 0,000.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian.

References

Assael, H. (1995). Consumer behavior and marketing action.
Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartini, Y. (2012). Relevansi peraturan dalam mendukung praktek profesi apoteker di apotek. Pharmaceutical Sciences and Research (PSR), 6(2), 97–106.
Indrasari, M. (2017). The Effect Of Organizational Culture, Environmental Work, Leadership Style On The Job Satisfaction And Its Impact On The Performance Of Teaching In State Community Academy Bojonegoro. Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(1).
Irawan, B. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga. https://doi.org/10.1177/0022022111434597
Putra, B., & Prasetyo, I. (2017). Pemetaan Platform Media Komunikasi Pemasaran PT. Dyandra Promosindo dalam Ruang Publik di Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional. https://doi.org/10.25139/jkp.v1i2.505
Rafa’al, M. (2017). Gaya Komunikasi Pemasaran di Pemerintah: Promotion Mix Destinasi Tujuan Wisata Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Studi Komunikasi. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i1.63
Schiffman, L., Kanuk, L., & Hansen, H. (2012). Consumer behaviour. Pearson.
Sugiyono. (2016). metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1164/rccm.200409-1267OC
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Cetakan ke-15). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sundalangi, M., Mandey, S., & Jorie, R. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).
SUSILO, D. (2012). Preferensi Pendengar Pada Content Program Siaran Goyang Rekete Radio Warna 93.6 Fm Pasuruan. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Tjiptono, F. (2000). Manajemen jasa. Penerbit Andi.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (ketiga). In Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Andi.
Tuela, M., & Susilo, D. (2017). Hyperreality: Pemaknaan dalam Penggunaan Game Pokemon Go. Jurnal Kajian Media. https://doi.org/10.25139/jkm.v1i1.155
Published
2020-09-05
Section
Articles