Pengaruh kualitas pelayanan pengelola terhadap kepuasan penghuni rusunawa pucang di kabupaten sidoarjo

  • Universitas dr Soetomo
  • Universitas dr Soetomo
Abstract views: 193 , PDF downloads: 172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengelola Rusunawa Terhadap Kepuasan penghuni Rusunawa Pucang Di Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah Kuesioner. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Propotional Sampling, dengan hasil jumlah sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Pada penelitian ini variabel bebas Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati, sedangkan untuk variabel terikatnya adalah Kepuasan Penghuni. Pengujian instrument peneliti menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, pada Pengujian Asumsi Klasik peneliti menggunakan Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas. Sedangkan pada Metode Analisis Data peneliti menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesisnya menggunakan Uji F dan Uji t. Hasil Uji Hipotesis yang didapat oleh peneliti yaitu nilai probabilitas signifikansi Uji F 0,000 < alpha 0,05, maka mendukung hipotesis  pertama. Pada hasil Uji t variabel Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan 0,354 > alpha 0,05 tidak mendukung hipotesis kedua, variabel Kehandalam berpengaruh signifikan 0,020 < alpha 0,05 mendukung hipotesis ketiga, variabel Daya Tanggap berpengaruh signifikan 0,037 < alpha 0,05 mendukung hipotesis keempat, variabel Jaminan berpengaruh signifikan 0,035 < alpha 0,05 mendukung hipotesis kelima, variabel Empati berpengaruh signifikan 0,000 < alpha 0,05 mendukung hipotesis keenam. Berdasarkan hasil Uji t di tarik kesimpulan bahwa variabel Empati berpengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Penghuni dan mendukung hipotesis ketujuh.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Pengelolaan; Rusunawa; Kepuasan Penghuni

References

Fandy, T. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Andi.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Information Technology, 2(2).
Indrasari, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan: Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Indrasari, M., Newcombe, P., Eliyana, A., & Yunus, E. (2015). The Influence of Academic Climate and Individual Creativity on Lecturer Competence in Private University at Surabaya Indonesia. International Journal of Business and Management. https://doi.org/10.5539/ijbm.v10n8p127
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga. https://doi.org/10.1177/0022022111434597
Kuncoro, M. (2001). Metode kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.
Sekaran, U. (2011). Research Methods for Business (Metodologi Penelitian). Salemba Empat, Jakarta.
Sholichah, N. (2017). Apresiasi Masyarakat Miskin Terhadap Layanan Sosial Dasar Pemerintah. Jurnal Komunikasi Profesional. https://doi.org/10.25139/jkp.v1i1.171
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Cetakan ke-15). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2017-03-01
Section
Articles