Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja karyawan di cv. mandiri pestimax pradipa

  • Universitas dr Soetomo
  • Universitas dr Soetomo
Abstract views: 175 , PDF downloads: 598

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah organisasi atau perusahaan. Sumber daya manusia juga merupakan kunci perkembangan perusahaan, manusia dipekerjakan di perusahaan sebagai penggerak untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. CV. Mandiri Pestimax Pradipa adalah perusahaan yang bergerak pada bidang layanan meliputi bidang pekerjaan, Fumgation & Pest control service, Freight forwarder & EMKL, Customs Clearance (Export & lmport), Logistics Expert, Transportation. Penelitian ini berkeinginan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan Cv. Mandiri Pestimax Pradipa dan Untuk mengetahui pengaruh motivas terhadap kinerja karyawan Cv. Mandiri Pestimax Pradipa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh devisi oprasional di Cv. Mandiri Pestimax Pradipa yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini bermetode kuatitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer yang diperoleh langsung dari responden. Teknik pengumpulan data adalah primer, metode pengumpulan data primer dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Partial Least Square (PLS). Terdapat pengaruh positif dan signifikan yaitu gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Cv. Mandiri Pestimax Pradipa dengan T-statistic sebesar 2,075 yang lebih besar dari T tabel 1,96 serta nilai original sample estimate adalah positif yaitu sebesar 0,346 dan ada pengaruh yang positif serta signifikan, motivasi terhadap kinerja karyawan pada Cv. Mandiri Pestimax Pradipa dengan T-statistic sebesar 3,639 yang lebih besar dari T tabel 1,96 serta nilai original sample estimate adalah positif yaitu sebesar 0,568. Dari hasil di atas menunjukan keduanya memiliki pengaruh yang signifikan dan positif.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional; Motivasi; Kinerja Karyawan; CV. Mandiri Pestimax Pradipa.

References

Edison, Y., & Imas, K. (2016). MSDM Strategi dan Perubahan Dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Alfabeta.
Indrasari, M. (n.d.). AN IDEAL CLASSROOM IN AN IDEAL SCHOOL: Leaping Across Boundaries–Creating International Mindednes through Holistic Education.
Indrasari, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan: Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Indrasari, M., Newcombe, P., Eliyana, A., & Yunus, E. (2015). The Influence of Academic Climate and Individual Creativity on Lecturer Competence in Private University at Surabaya Indonesia. International Journal of Business and Management. https://doi.org/10.5539/ijbm.v10n8p127
Solimun. (2002). Metode Kuantitatif Untuk Ekonomi. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.
Sugiyono. (2016). metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1164/rccm.200409-1267OC
Supranto, J. (2004). Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). Structural Equation Modeling: Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner Dengan Lisrel-PLS. Jakarta: Salemba Infotek.
Published
2017-03-01
Section
Articles