ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PDRB PER KAPITA DAN JUMLAH PENGANGGURAN TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI PROVINSI JAWA TIMUR

  • masnunah masnunah
  • wiwik budiarti Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 19 , pdf downloads: 12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh indeks pembangunan manusia (IPM), PDRB per kapita, jumlah pengangguran, terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Timur. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ), PDRB per kapita, Jumlah Pengangguran. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jumlah Penduduk Miskin.

            Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik ( BPS), Jawa Timur dalam angka 2014-2019, data tersebut dianalisa menggunakan analisis regresi Linier Berganda.

            Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel Indek Pembangunan Manusia ( IPM ), PDRB per kapita, dan Jumlah Pengangguran, mempunnyai pengaruh signifikan  terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Jawa Timur. Secara parsial variabel indeks pembangunan manusia (IPM) (X1), PDRB per kapita (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Jawa Timur sedangkan Jumlah Pengangguran (X3) berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Jawa Timur.

Published
2022-09-09
Section
Articles