Evaluasi Perkuatan Pondasi Pada Apartemen The City Square

  • Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Universitas Widya Kartika Surabaya
Abstract views: 792 , PDF downloads: 840
Evaluasi Perkuatan Pondasi Pada Apartemen The City Square downloads: 0
Keywords: Pondasi, Tiang Pancang Patah, Daya Dukung Pondasi, Solusi Perkuatan Pondasi

Abstract

Kestabilan suatu struktur tidak hanya ditentukan oleh struktur atas yang secara langsung memikul gaya-gaya yang bekerja pada struktur tersebut, tetapi kestabilan struktur bawah ikut andil dalam hal ini yaitu pondasi yang memegang peranan yang tidak kalah penting. Pondasi tiang atau yang disebut juga pondasi dalam dipergunakan untuk konstruksi beban berat atau bangunan tinggi (high rise building). tidak terkecuali apartemen The City Square yang memiliki 38 lantai. Adanya permasalahan tiang pancang yang patah yang berjumlah 135 tiang  pada saat pekerjaan pondasi menyebabkan pembangunan proyek menjadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui daya dukung optimal tiang pancang dan mengetahui solusi dari perkuatan tiang pancang yang patah. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, pengambilan data berupa data pengujian bore log (Standar Penetration Test) dan data struktur bangunan dari pihak proyek serta melakukan studi keperpustakaan. Pada penelitian ini perhitungan daya dukung tiang pancang dilakukan di daerah tiang pancang yang patah yaitu pada borehole 2 atau (BH2) dan borehole 5 atau (BH5) dengan  menggunakan beberapa metode yaitu metode Terzaghi, metode Bazaara, metode Mayerhoff dan metode Luciano Decourt. Dari hasil analisa daya dukung tiang didapat daya dukung tiang tunggal sebesar 115,53 ton/tiang yang terletak dikedalaman 18 meter. Dengan solusi perkuatan yaitu memberikan tambahan tiang pancang pengganti beton precast sepanjang 14 meter dengan daya dukung tiang tunggal sebesar 90,71 ton pada borehole 2 atau (BH2) dan 86.85 ton pada borehole 5 atau (BH5) dengan jumlah total tiang pancang pengganti yaitu 130 tiang.

References

Badan Standarisasi Nasional. (2012). Standar Nasional Indonesia: Tata Cara Pertahanan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI 1726:2012). Jakarta: Author.
Bowles, Joseph E. (1988). Analisis dan Desain Pondasi Jilid 2. Surabaya: Erlangga.
Gunawan, Rudy. (1983). Pengantar Teknik Pondasi. Yogyakarta: Kanisius.
Nara, Septian R. (2015). Perencanaan Pondasi Gedung Coral Triangel Initiative Manado Dengan Menggunakan Pondasi Tiang Pancang, Beton Precast, Tiang Pancang Baja dan Tiang Bor. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November
Wahyudi, Herman. (1999). Daya Dukung Pondasi Dalam. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.
Wora, Mikael. (1998). Study Perbandingan Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Beton dan Bored Pile Pada Proyek Rumah Sakit International Surabaya. Surabaya: Universitas Widya Kartika.
Published
2018-03-28
How to Cite
, , & . (2018). Evaluasi Perkuatan Pondasi Pada Apartemen The City Square. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 1(1), 45-51. https://doi.org/10.25139/jprs.v1i1.808
Section
Articles