Agen Percakapan untuk Game sebagai Terapi Kemampuan Sosial pada Remaja dengan Asperger Syndrome

  • Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
Abstract views: 714 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 336

Abstract

Penelitian ini akan membangun agen percakapan pada permainan untuk digunakan sebagai salah satu alternatif untuk terapi sindrom asperger. Dewasa dengan Sindrom Asperger (AS) mengalami kesulitan untuk berhubungan dengan orang lain (interaksi sosial), komunikasi, kognisi, dan sensasi. Penelitian ini difokuskan pada agen percakapan yang memiliki kemampuan untuk mengambil pengguna (dewasa dengan AS) untuk dapat interaksi, komunikasi dan membangun imajinasi tentang permainan.

 

Kata Kunci : Asperger Syndrome, Conversational Agen  

Author Biographies

, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik
, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
Jurusan Teknik Elektro

References

[1] Brenda Smith Myles, Ph.D.,Kristen Hagen, M.S., Jeanne Holverstott, M.S. , Anastasia Hubbard, M.S., Diane Adreon, M.A., Melissa Trautman, M.S. .Life Journey Through Autism:An Educator’s Guide to Asperger Syndrome. Organization for Autism Research, Inc. 2005
[2] Barbara L. Kirby. What Is Asperger Syndrome?. Crown. 2001
[3] Jisheng Liang, Thien Nguyen, Krzysztof Koperski, Giovanni Marchisio, Ontology-Based Natural Language Query Processing for the Biological Domain, Insightful Corporation.
[4] Lili Cheng, Felice Orlich, PhD. KidTalk: Online Therapy for Asperger’s Syndrome. Microsoft Research.Microsoft Corporation,2002.
[5] Romi Satria Wahono, Pengantar Software Agen: Teori dan Aplikasi. IECI Japan Workshop 2001.
[6] Shaun Loeppky. Gaming and Students with Asperger's Syndrome: A Literature Review. EDCMM 802.6. 2006.
[7] Cahyono, D., Fadlil, J., Sumpeno, S., Hariadi,M., Desember 2008. Temu kembali informasi untuk pembangkitan basis pengetahuan dari teks bebas yang digunakan oleh agen percakapan bahasa alami. Seminar Sistem Informasi Indonesia SESINDO2008.
[8] Lester, J., Branting, K., Mott, B., 2004. Conversational agents. In: Singh (2004).
Published
2017-07-14
How to Cite
, & . (2017). Agen Percakapan untuk Game sebagai Terapi Kemampuan Sosial pada Remaja dengan Asperger Syndrome. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.216
Section
Volume 1 No. 1 2016