Komunikasi Representasi Kasih Sayang Ayah Tunggal Dalam Film Sejuta Sayang Untuknya

  • Inayah Nabila Bila Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 434 ,
Keywords: Ilmu Komunikasi

Abstract

Film merupakan media elekteronik yang menampilkan audio dan visual. Fungsi film adalah sebagai penyalur pesan kepada masyarakat. Hal itu dapat dipecah menjadi dua yakni hiburan dan edukasi. Film Sejuta Sayang Untuknya adalah salah satu film yang mengisahkan kehidupan seorang ayah tunggal bersama anak perempuannya. Yang menjadi fokus peneliti dari film ini adalah bentuk kasih sayang seorang ayah tunggal kepada anaknya.

Berdasarkan uraian latar belakang, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kasih sayang tunggal dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan ditunjang oleh semiotika Ferdinand de Saussure yang membahas tentang tanda dalam linguistik. Data yang ditemukan dalam penelitian ini diperoleh dari potongan scene yang terdapat dalam film Sejuta Sayang Untuknya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Sejuta Sayang Untuknya memiliki banyak ungkapan kasih sayang yang direpresentasikan oleh pemeran sebagai ayah tunggal. Kasih sayang tersebut diutarakan menggunakan bahasa – bahasa indah yang memiliki makna tertentu dibalik kalimatnya.

Published
2022-09-29
How to Cite
Bila, I. N. (2022). Komunikasi Representasi Kasih Sayang Ayah Tunggal Dalam Film Sejuta Sayang Untuknya. Journal Communication Specialist, 1(3), 374-389. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4628
Section
Articles