PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DI RADIO WIJAYA FM SURABAYA

  • Novitasari Fikom unitomo
Abstract views: 352 ,
Keywords: Kata Kunci: Pemanfaatan media social, Radio, Promosi

Abstract

Penelitian ini berjudul  Pemanfaatan media social instagram sebagai sarana promosi di radio wijaya FM Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial dengan kemampuan interaksinya yang lebih besar dibandingkan radio mampu memberikan manfaat pada bisnis serta apa saja interaksi-interaksi yang sebenarnya terjadi antara radio dan pendengarnya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori-teori yang dianggap relevan dengan penelitian ini adalah new media, manajemen media radio, konvergensi media, dan interaktivitas media sosial. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling pada pengguna media sosial dari radio-radio di Solo atau dapat dikatakan sebagai admin media sosial.  informan yang dipilih telah disesuaikan dengan kriteria-kriteria yang telah peneliti tentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Teknik analasis data yang digunakan dalam penelitian ini eliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.  Media sosial bermanfaat untuk bisnis radio sebagai alat jual baru untuk radio mengiklan dan media partner. Selain itu media sosial membantu menambah pendengar di onair dan membantu branding radio dan penyiar di radio sehingga orang bisa lebih banyak tahu mengenai radio tersebut.

Published
2022-10-31
How to Cite
Novitasari. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DI RADIO WIJAYA FM SURABAYA. Journal Communication Specialist, 1(4), 590-603. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4794
Section
Articles