FENOMENA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI KALANGAN MAHASISWA FIKOM UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA

  • Yudha Fikom unitomo
Abstract views: 351 ,
Keywords: Fenomena, Game Mobile Legends, Mahasiswa

Abstract

Saat ini game online berkembang sangat pesat karena didukung dengan perkembangan ponsel cerdas yang semakin banyak digunakan. Pertumbuhan pengguna ponsel cerdas di Indonesia semakin bertambah pesat setiap tahunnya. Di Indonesia, netizen (sebutan untuk pengguna internet) menghabiskan banyak waktunya di mobile aplikasi daripada mobile web. Sekitar 82% netizen di Indonesia mengakses mobile web, sementara 9% masing-masing mengakses di mobile web dan melalui desktop. Populasi netizen di Indonesia yang mengakses hanya melalui smartphone, mayoritas berasal dari usia muda. Di usia 15-17 tahun saja, 80% mengakses hanya melalui smartphone, sisanya melalui desktop atau gabungan keduanya. Sementara 75% dari usia 18-24 tahun dan 79% dari usia 25-34 pun punya habit yang sama. Salah satu game online yang saat ini digemari oleh netizen adalah Mobile Legends Bang Bang

Jenis penelitian ini tergolong deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dengan narasumber dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo. Game online Mobile Legends telah menyebabkan perubahan komunikasi para penggunanya terhadap orang-orang disekitarnya. Adapun perubahan yang dimaksud adalah berkurangnya komunikasi yang dilakukan terhadap orang-orang sekitar mereka. Para pemain game ini hanya terfokus dalam memainkan game Mobile Legends dan menjadikan game tersebut sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hiburan mereka disaat sedang tidak memiliki aktivitas yang akan di kerjakan. Game Mobile Legends juga menjadi pilihan utama pilihan para informan untuk mengisi kebosanan mereka sehingga sampai mengabaikan orang-orang disekitar mereka yang menyebabkan berkurangnya komunikasi diantara mereka. Semua ini disebabkan fenomena game Mobile Legends yang langsung booming pada awal kemunculannya yang memberikan terobosan yang sangat besar bagi pencinta game di smartphone yang mengakibatkan semua orang tidak terkecuali informan dalam penelitian ini ingin memainkan game online Mobile Legends ini. mahasiswa mengaku merasa ketergantungan serta kecanduan dalam menggunakan game online Mobile Legends.

Published
2022-10-31
How to Cite
Yudha. (2022). FENOMENA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI KALANGAN MAHASISWA FIKOM UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA. Journal Communication Specialist, 1(4), 507-519. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4837
Section
Articles