Studi Komunikasi Interpersonal antara Suami Istri Beda Agama di Surabaya Barat

  • Maria Niken Widyawati Universitas Dr.Soetomo
Abstract views: 179 ,

Abstract

ABSTRAK

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana proses komunikasi interpersonal antara suami isti yang menikah beda agama dalam membina hubungan pernikahan agar tetap harmonis meski berbeda agama. Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui kualitas komunikasi interpersonal pada pasangan suami istri beda agama. Subjek merupakan tiga pasangan suami istri yang ada di wilayah Surabaya Barat, yang sampai saat ini pernkahannya masih awet hingga saat ini karena komunikasi interpersonal yang berjalan dengan baik dan minim terjadi konflik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara.

Hal ini dilakukan untuk mengamati dan mendeskripsikan komunikasi interpersonal antara suami dan istri yang menikah beda agama. melalui penelitian ini peneliti menemukan bahwa sikap keterbukaan, empati ada dalam kehidupan pernikahan para pasutri ini sehingga membuat pernikahan mereka dapat harmonis sampai melewati lebih dari 10 tahun usia pernikahan mereka.

Kata Kunci: keharmonisan, keterbukaan, empati

ABSTRAC

The writing of this paper aims to describe how the process of interpersonal communication between husband and wife married to different religions in fostering marital relations to remain harmonious despite different religions. This research was conducted to determine the quality of interpersonal communication in married couples of different religions. The subjects are three married couples in the West Surabaya area, whose marriages are still durable today because of good interpersonal communication and minimal conflicts. The approach used in this study is a qualitative approach using observation and interview methods.

This is done to observe and describe interpersonal communication between husbands and wives who are married to different religions. Through this study, researchers found that openness, empathy existed in the married life of these couples, thus making their marriage harmonious until they passed more than 10 years of their marriage.

Keywords: harmony, openness, empathy

 

 

Published
2022-09-29
How to Cite
Widyawati, M. N. (2022). Studi Komunikasi Interpersonal antara Suami Istri Beda Agama di Surabaya Barat. Journal Communication Specialist, 1(3), 359-373. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4845
Section
Articles