Komunikasi pemasaran digital pada UMKM sambal pecel tanding roso di kabupaten Madiun


Abstract
Tren komunikasi pemasaran beralih dari konvensional (offline) menjadi digital (online). Konsep digital marketing bagi para pelaku usaha yaitu dapat memasarkan produknya dari mana saja kapan saja melalui internet. Fokus masalah yang diangkat, yaitu : (1) Bagaimana Komunikasi Pemasaran Digital yang dilakukan UMKM Sambal Pecel Tanding Roso. Mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai penerapan komunikasi pemasaran digital pada UMKM sambal pecel Tanding Roso data tersebut dianalisis dengan pendekatan studi kasus yang memberikan pengembangan terhadap bidang kajian penelitian. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dengan menganalisis data, mendiskripsikan data, serta mengambil kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komunikasi pemasaran melalui digital pelaku usaha tersebut yaitu penyampaian positioning statement di setiap postingan Facebook dan Instagram serta menjalin hubungan dengan pelanggan secara fast respond (cepat tanggap) di media sosial. Saran bagi pelaku usaha yakni dalam pemasaran produk sambal pecel Tanding Roso, untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran kedepannya dalam elemen komunikasi pemasaran berupa pembuatan konten digital. Hal itu dilakukan agar calon konsumen tertarik pada produk Tanding Roso ini.